Membahas tentangDoa Ketika Singgah di Suatu Tempat, Agar Terhindar dari Bahaya

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangDoa Ketika Singgah di Suatu Tempat, Agar Terhindar dari Bahaya,

Saat sedang melakukan perjalanan, kita kerap kali berhenti atau mampir di suatu tempat untuk beristirahat. Terlebih ketika menempuh perjalanan jauh. Entah itu di pinggir jalan, masjid, warung atau pun di rest area.

Kita sebagai umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa dalam keadaan dan kondisi apapun termasuk di manapun berada, supaya senantiasa dilindungi oleh Allah Swt. Membaca doa ketika singgah di suatu tempat misalnya, supaya kita terhindar dari bahaya. Mulai dari ancaman dari sesama manusia maupun binatang buas. 

Berikut ini doa ketika singgah di suatu tempat yg dapat dibaca dari penjelasan kitab al-Adzkar Nawawiyah. 

Imam Malik dalam kitab Shahih Muslim, al-Mutaha’, kitab at-Tirmidzi dan lainnya, dari Haulah binti Hakim Radiyallahu anhu (RA) ia berkata, mendengar Rasulullah ï·º bersabda:

“Barang siapa singgah sebuah persinggahan, kemudian dia berlindung dgn kalimat Allah yg sempurna (Al-Quran) dari keburukan yg diakibatkan darinya, maka tak mau memberi kemudaratan kepadanya hingga dia beranjak dari tempat tersebut.”

BACA: Baca Doa Ini Saat Naik Kendaraan, Agar Terhindar dari Kecelakaan

Selanjutnya, diriwayatkan dalam kitab Sunan Abu Dawud dan lainnya dari Abdullah bin Umar bin Khatab Radiyallahu anhu (RA), ia berkata:

“Jika Rasulullah ï·º mau melakukan perjalanan, pada waktu menjelang malam beliau membaca doa

“Yaa ardhu rabbii wa rabbukil laah, a’uudzu billahil min syarriki wa min syarri maa fiiki, wa syarii maa khuliqa fiiki, wa syarri maa yadubbu ‘alaiki a’uudzu bika min asadin wa aswada wa minal hayyati wal ‘aqrabi, wa min saakinil baladi wa min waalidiw wa maa walada.”

Artinya: “Wahai bumi, Tuhanku dan Tuhanmu ialah Allah. Aku berlindung kepada Allah dari keburukanmu dan keburukan yg diciptakan padamu, keburukan yg merayap di atasmu, aku berlindung dgnmu dari singa, manusia, dan ular, dan kalajengking, dari penunggu tempat ini, dan dari iblis, serta apa yg dilahirkan dgnnya.”

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangDoa Ketika Singgah di Suatu Tempat, Agar Terhindar dari Bahaya . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.