Membahas tentangDoa Nabi Adam saat Menjalani Kehidupan di Muka Bumi

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangDoa Nabi Adam saat Menjalani Kehidupan di Muka Bumi,

Manusia pertama yg diciptakan oleh Allah SWT ialah Nabi Adam AS. Nabi Adam diciptakan dari tanah untuk menyembah-Nya.

Kemudian, Allah melihat Nabi Adam selalu merasa kesepian. Karena itu, Allah dgn kuasa-Nya menciptakan Siti Hawa sebagai pendamping Nabi Adam.

Mereka diciptakan untuk hidup bahagia di surga. Saygnya, akibat hasutan setan mereka melanggar larangan Allah. Mereka memakan buah kuldi.

Akibat perbuatan itu, Allah pun menurunkan keduanya ke bumi. Mereka tak lagi hidup bersama. Allah menurunkan ke bumi dgn jarak yg terpisah jauh.

Adam saat itu sadar mau kesalahannya yg melanggar perintah Allah SWT. Sehingga, kehidupannya di bumi selalu diiringi rasa penyesalan dan berdosa. Begitu juga Siti Hawa. Dia juga mengakui kesalahannya kepada Allah SWT.

Mereka berdua pun bertobat. Mereka memohon ampunan dari Allah SWT. Nabi Adam pun sering kali mendatangi Ka’bah, mengerjakan salat dua rakaat, dan berdoa kepada Allah.

Adapun doa Nabi Adam untuk memohon ampunan dari Allah SWT berbunyi:

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Artinya: Keduanya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan bila Engkau tak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yg merugi.”

Allah juga selalu memberi ujian dan cobaan. Hal tersebut diberikan berkat rasa cinta-Nya kepada Nabi Adam dan Siti Hawa. Melalui ujian dan cobaan tersebut, mereka mau belajar untuk dapat menjadi manusia yg takwa kepada-Nya.

Berikut ialah doa sehari-hari Nabi Adam saat menjalani hidup di bumi:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلاَنِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ، وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَأَعْطَنِيْ سُؤْلِيْ، وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا دَائِمًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ، وَأَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيْبَنِيْ إِلاَّ مَا كَتَبْتَهُ عَلَيَّ، وَالرِّضَا بِمَا قَسَمْتَهُ لِيْ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Tahu keadaan batin dan zahirku, maka terimalah alasanku, dan Engkau Maha Tahu mau hajat/keperluanku maka berilah aku segala permintaanku, dan Engkau Maha Tahu mau apa yg ada dalam diriku maka ampunilah dosaku.”

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu iman yg langgeng yg selalu melekat pada hatiku, dan aku memohon keyakinan yg sungguh-sungguh hingga aku tahu bahwa tak mau menimpaku kecuali apa-apa yg telah Engkau tetapkan kepadaku, dan aku memohon kerelaan atas apa yg Engkau bagikan kepadaku, wahai Yang Maha memiliki keagungan dan kemuliaan”.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangDoa Nabi Adam saat Menjalani Kehidupan di Muka Bumi . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.