Membahas tentangIjazah atau Berkas Pentingmu Rusak sebab Banjir? Ini 3 Langkah Mendapatkan Layanan Restorasi Gratis ANRI

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangIjazah atau Berkas Pentingmu Rusak sebab Banjir? Ini 3 Langkah Mendapatkan Layanan Restorasi Gratis ANRI,

Oase.id- Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyediakan layanan restorasi atau pemulihan berkas dan arsip berharga masyarakat yg menjadi korban banjir secara cuma-cuma alias gratis. Termasuk arsip berharga di antaranya ialah ijazah, akta kelahiran, akta perkawinan, kartu keluarga, dan sertifikat tanah.

Kepala Sub Direktorat Restorasi ANRI Anak Agung Gede Sumardika mengatakan, saat ini telah ada ribuan orang yg mengajukan pemulihan berkas yg rusak sebab banjir. 

“Yang konfirmasi telah ribuan ke handphone saya. Dari pagi saya telah menjawab WA (Whatsapp), telepon. Antusiasme masyarakat cukup tinggi,” kata Sumardika di kantornya Jalan Ampera Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis, 02 Januari 2020.

Proses restorasi menggunakan teknologi Vacum Freeze Dry Chamber, sebuah teknologi bantuan dari Jepang yg diberikan sebab melihat Indonesia merupakan negara yg kerap terjadi bencana.

Program restorasi gratis ANRI berawal dari 2004 saat terjadi bencana Tsunami yg menimpa Aceh dan Nias. Bencana alam bukan hanya merenggut nyawa dan kerugian materi, tetapi berkas-berkas berhargajuga turut hanyut dan hilang.

Dalam melakukan restorasi berkas, ANRI menjamin keamanan data-data dan kerahasiaan arsip.

“Itu telah sumpah kami di sini dan tak akan, membaca pun enggak apalagi membocorkan. Kita fokus ke fisiknya. Isinya kami tak mau memperbaiki informasinya. Kami tak mau membaca, memfoto, apalagi menyebarkan. Itu telah sumpah kami,” kata Sumardika.

Mengutip laman www.anri.go.id, berikut 3 tahap pengajuan restorasi berkas dan arsip yg rusak akibat banjir:

 

Menemui tim

Layanan restorasi Arsip Keluarga dibuka mulai pukul 07.30 sampai 15.30 WIB. Masyarakat dapat menemui langsung Tim Penanganan Arsip Bencana (Task Force) yg berlokasi tak jauh dari gerbang utama ANRI.

 

Registrasi

Setelah diterima Sekretariat Tim Penanganan Arsip Bencana, petugas mau memandu masyarakat untuk mengisi buku registrasi dan formulir Laraska. 

 

Verifikasi

Setelah form registrasi terisi lengkap, petugas memverifikasi dan mencatat jumlah arsip yg mau direstorasi, menyampaikan jenis kerusakan arsip, jenis perbaikan arsip yg mau dilakukan dan jangka waktu perbaikan arsip dibutuhkan.

embed

Mekanisme prosedur layanan perbaikan arsip milik masyarakat yg terkena dampak bencana/anri.go.id

Jangan lupa membawa arsip asli tak dalam berbentuk fotocopy atau laminating. Selanjutnya, tiap-tiap keluarga dibatasi maksimal 10 lembar. Restorasi dapat selesai pada hari itu juga.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi bagian Humas ANRI di nomor 021-7805851 ext 111, 221, dan 404.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangIjazah atau Berkas Pentingmu Rusak sebab Banjir? Ini 3 Langkah Mendapatkan Layanan Restorasi Gratis ANRI . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.