Membahas tentangIngat dan Terapkan, Berikut 5 Adab Ketika Sedang di Masjid

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangIngat dan Terapkan, Berikut 5 Adab Ketika Sedang di Masjid,

Oase.id – Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam dan rumah Allah yg ada di muka bumi. Maka dari itu, kita harus senantiasa menjaga apapun, baik kebersihan, sikap, dan juga perilaku bila berada di dalam masjid. Agar kita selalu mendapatkan rida dan keberkahan dari Allah Swt.

Melansir dari berbagai sumber, berikut Oase.id membahas apa saja adab-adab yg harus diperhatikan ketika ada di masjid, supaya kita selalu mendapatkan rida dan keberkahan dari Allah Swt:

1. Mendahulukan kaki kanan

Saat memasuki masjid diwajibkan untuk mendahulukan kaki kanan, sebagaimana yg diriwayatkan Anas -radliyallahu'anhu,

من السنة إذا دخلت المسجد أن تبدأ برجلك اليمنى، وإذا خرجت أن تبدأ برجلك اليسرى

“Termasuk ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika kamu masuk masjid, Anda mendahulukan kaki kanan dan ketika keluar Anda mendahulukan kaki kiri.” (Riwayat Al-Hakim dan disetujui oleh Adz-Dzahabi)

BACA: 3 Masjid Paling Afdal untuk Melaksanakan Salat

2. Membaca doa masuk masjid

Doa masuk masjid:

بِسْمِ اللَّهِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ الله اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ، أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ، وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ، وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيمِ، مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Bismillah was shalatu was salaamu ‘ala rasuulillah. Allahummaftahli abwaaba rahmatik.”

Artinya : “Bismillah, shalawat dan salam untuk Rasulullah. Ya Allah, bukakanlah pintu rahmatmu untukku. Aku berlindung kepada Allah yg Maha Agung, dgn wajah-Nya yg Mulia, dgn kekuasaanNya yg langgeng, dari godaan setan yg terkutuk.”

3. Salat tahiyatul masjid

Sangat dianjurkan ketika memasuki masjid untuk menyempatkan diri untuk mengerjakan salat tahiyatul masjid. Sebagaimana hadits Abu Qatadah yg Muttafaqun ‘alaihi, Rasulullah ï·º bersabda :

فَإِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ، فَلَا يَجْلِسْ حَتَّى يَرْكَعَ رَكْعَتَيْنِ

“Apabila kalian masuk masjid, jangan duduk, sampai shalat dua rakaat.”

BACA JUGA: Alasan Dilarang Mendirikan Salat pada Lima Waktu Ini

4. Memanfaatkan waktu setelah azan

Berdoa di antara waktu azan dan iqamah, niscaya doa-doanya mau dikabulkan oleh Allah Swt. Hadis Anas -radliyallahu'anhu,  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ اْلأَذَانِ وَاْلإِقَامَةِ، فَادْعُوْا

“Sesungguhnya doa (yg dipanjatkan) di antara adzan dan iqamah tak mau pernah ditolak, sebab itu berdoalah”.

5. Menjaga kebersihan masjid

Kebersihan merupakan poin utama yg harus dijaga saat kita berada di dalam masjid. Sebagaimana hadis yg diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu anha,

أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِبِنَاءِ المَسَاجِدِ فِي الدُّورِ، وَأَنْ تُنَظَّفَ، وَتُطَيَّبَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan membangun masjid di perkampungan, juga menjaga kebersihan dan memberikannya wewangian”. (HR. At-Tirmidzi)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangIngat dan Terapkan, Berikut 5 Adab Ketika Sedang di Masjid . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.