Membahas tentangInilah 8 Jalan Rezeki dalam Al-Quran yg Tidak Terduga

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangInilah 8 Jalan Rezeki dalam Al-Quran yg Tidak Terduga,

Manusia sering sekali melihat rezeki hanya dari material saja. Padahal masih banyak jenis rezeki yg dapat kita rasakan, seperti teman yg baik, lingkungan yg nyaman, dan lain sebagainya. Serta tak sedikit juga orang berpikir bahwa sumber rezeki hanya dari hasil kerja kerasnya saja. Sedangkan Allah SWT telah menyiapkan 8 jalan menuju rezeki yg telah disebutkan dalam Al-Quran.
 
Rezeki, jodoh, dan kematian telah ditakdirkan oleh Allah SWT, dan mau tetap menjadi rahasia-Nya. Oleh sebab itu, sebagai manusia hendaklah berusaha untuk mendapatkan rezeki tersebut. Selain itu, tak lupa juga untuk dibarengi dgn berdoa. Selebihnya, serahkan pada Allah SWT.

Untuk itu, Oase.id merangkum dari berbagai sumber tentang 8 jalan rezeki yg ada dalam Al-Quran:

1. Rezeki Yang Telah Terjamin
Sebagai manusia di muka bumi yg diberikan akal dan pikiran oleh Allah SWT, hendaklah memanfaatkan nikmat tersebut dalam mencari rezeki. Karena Allah SWT telah menjamin rezeki seseorang sejak mulai dari kandungan. Berikut janji Allah tertera dalam firman Allah QS. Hud ayat 6, yg berbunyi:

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ

Artinya: “Dan tiialah sesuatupun dari makhluk-makhluk yg bergerak di bumi melainkan Allah jugalah yg menanggung rezekinya dan mengetahui tempat kediamannya dan tempat ia disimpan. Semuanya itu tersurat di dalam Kitab (Lauh mahfuz) yg nyata (kepada malaikat-malaikat yg berkenaan).”

2. Rezeki Karena Usaha
Sumber rezeki kedua ialah dari hasil usaha. Allah SWT tak mau menutup mata bagi umatnya yg telah sungguh-sungguh berusaha serta berdoa demi mendapatkan rezeki dari-Nya. Dan Allah mau memberikan yg setimpal dgn apa yg telah mereka usahakan. 
Firman Allah dalam QS. An-Najm ayat 39, yg berbunyi:

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَى

Artinya: “Dan bahwa sesungguhnya tak ada (balasan) bagi seseorang melainkan (balasan) apa yg diusahakannya.”

3. Rezeki Karena Bersyukur
Sebanyak apa rezeki yg kita dapat, hendaklah dibiasakan untuk mensyukurinya. Karena dgn bersyukur, Allah mau menambahkan nikmat itu kepada kita. Dijelaskan dalam firman Allah QS. Ibrahim ayat 7, yg berbunyi:

‎لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya: “Demi sesungguhnya! Jika kamu bersyukur niscaya Aku mau tambahi nikmatKu kepada kamu, dan demi sesungguhnya, bila kamu kufur ingkar sesungguhnya azab-Ku amatlah keras.”

4. Rezeki Tidak Terduga
Selanjutnya rezeki yg tak terduga. Pernah tak mendapatkan sesuatu tak terduga dari seseorang, seperti baju atau makanan? Nah, itu juga dinamakan rezeki. Karena rezeki tak melulu soal uang. Jika seseorang beriman dan bertakwa pada Allah, maka hal yg tak diduga-duga mau mudah untuk terjadi.

Firman Allah dalam QS. At-Talaaq ayat 2-3, yg berbunyi:

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا( ) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Artinya: “Barang siapa yg bertakwa kepada Allah, niscaya Dia mau menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yg tak disangka-sangkanya.”

5. Rezeki Karena Istighfar
Selain dapat pelebur dosa, istiqhfar juga dapat mendatangkan rezeki. Firman Allah dalam QS. Nuh ayat 10-11 berbunyi:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا ( ) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا

Artinya: “Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia ialah Maha Pengampun, pasti Dia mau mengirimkan hujan kepadamu dgn lebat, dan memperbanyak harta.”

6. Rezeki Karena Menikah
Menikah juga masuk pada salah satu sumber rezeki untuk seseorang. Oleh sebab itu, janganlah takut menikah, sebab Allah telah berjanji dalam QS. An-Nuur ayat 32, yg berbunyi:

وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ

Artinya: “Dan kawinkanlah orang-orang bujang (lelaki dan perempuan) dari kalangan kamu, dan orang-orang yg saleh dari hamba-hamba kamu, lelaki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah mau memberikan kekayaan kepada mereka dari limpah karunia-Nya sebab Allah Maha Luas (rahmat-Nya dan limpah karunia-Nya), lagi Maha Mengetahui.”

7. Rezeki Karena Anak
Biasanya salah satu alasan seseorang takut untuk menikah sebab takut tak dapat menafkahi istri dan anaknya. Bahkan saking takutnya ada yg menunda memiliki anak. Sedangkan anak ialah salah satu sumber rezeki bagi orang tuanya. Firman Allah dalam QS. Al-Israa` ayat 31, berbunyi:

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ

Artinya: “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu sebab takut miskin. Kamilah yg mau menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.”

8. Rezeki Karena Sedekah
Yang terakhir rezeki sebab sedekah. Hal ini tertulis dalam QS. Al-Baqarah ayat 245, yg berbunyi:

‎مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً

Artinya: “Siapakah orangnya yg (mahu) memberikan pinjaman kepada Allah sebagai pinjaman yg baik (yg ikhlas) supaya Allah melipatgandakan balasannya dgn berganda-ganda banyaknya? Dan (ingatlah), Allah jualah Yang menyempit dan Yang meluaskan (pemberian rezeki) dan kepadaNyalah kamu semua dikembalikan.”

Oleh sebab itu, janganlah takut untuk tak diberi rezeki, sebab rezeki mau datang dari berbagai sumber. Seperti yg telah dijelaskan di atas.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangInilah 8 Jalan Rezeki dalam Al-Quran yg Tidak Terduga . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.