Membahas tentangIntrachange, Komunitas Edukasi Keselamatan Bertransportasi

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangIntrachange, Komunitas Edukasi Keselamatan Bertransportasi,

Oase.id- Keselamatan menjadi aspek terpenting saat berkendara. Aspek ini wajib diperhitungkan baik ketika menempuh sebabak perjalanan dgn kendaraan pribadi, maupun transportasi publik.

Mengacu data dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (2019), jumlah kendaraan bermotor di Jakarta dan sekitarnya tumbuh 4.000 hingga 5.500 unit per hari, dan terus bertambah di setiap tahunnya. Dengan angka yg tak sedikit itu, tentu, sangat mungkin turut mendongkrak tingginya angka kecelakaan di jalan raya.

Nahasnya, tak semua pengendara di Indonesia menempatkan aspek keselamatan sebagai bahan pertimbangan utama dalam berkendara. Diperlukan edukasi yg berkesinambungan untuk menumbuhkan hal tersebut.

Atas keprihatinan terhadap fakta tersebut, didikrikanlah Indonesia Transport Change (IntraChange). Komunitas ini memiliki visi dan misi mengubah cara bertransportasi masyakarat Indonesia, khususnya generasi muda supaya menjadi lebih aman dan teratur melalui pendidikan bertransportasi.  

 

Ribuan relawan

Sejak didirikan pada 2015, Intrachange telah memiliki lebih dari 1.500 relawan dalam setiap kegiatannya. Agenda Intrachange lebih difokuskan pada pendidikan transportasi untuk anak-anak usia 5 tahun–12 tahun dgn berbagai kegiatan yg menyenangkan.

Secara teknis, Co-Founder Intrachange Aditya luhut menjelaskan, Intrachange mengorganisir relawan untuk menyampaikan pendidikan transportasi kepada publik. Contoh agenda terbarunya ialah Edutrip Transit Ramah Anak di Jakarta bersama para siswa Desa Pendidikan yg dibina Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dgn mencoba moda transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta, Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta, dan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dalam satu rangkaian kegiatan.

“Tujuannya supaya peserta dapat mandiri dalam bertransportasi, serta mengevaluasi kemudahan transit di DKI Jakarta bagi anak-anak,” ujar Aditya kepada Oase.id, Jumat, 27 Desember 2019.

Selain itu, Intrachange juga mengisi Festival Pendidikan Aman Berlalu Lintas di Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan ini melibatkan lebih dari 7 institusi dan organisasi serta 300 relawan. Tujuan dari program tersebut ialah mengampanyekan pendidikan transportasi bagi masyarakat umum melalui kegiatan Car Free Day (CFD) di bilangan Simpang Lima, Semarang.

embed

Festival  Festival Pendidikan Aman Berlalu Lintas di Semarang, Jawa Tengah yg dibawakan Intrachange/istimewa

 

Kurikulum transporasi dan cara bergabung

Edukasi tanpa kurikulum tentu merepotkan. Oleh sebab itu, Intrachange tengah menyusun berbagai materi yg diharap dapat sebagai panduan dalam melakukan kegiatan pendidikan bertransportasi.

“Di awal 2020, Intrachange mau meluncurkan kurilkulum untuk pendidikan transportasi yg mau menjadi basis kegiatan pengajaran dan kampanye Intrachange ke depannya,” jelas Aditya.

Intrachange juga berencana mengembangkan kerjasama dgn berbagai pihak baik swasta maupun pemerintah demi memperluas jangkauan kampanye pendidikan transportasi di Indonesia.

“Untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan sebagai relawan Intrachange dapat dilakukan dgn cara mengakses beragam akun media sosial Intrachange. Untuk Instagram dapat melalui akun @intrachange. Setelah mengakses dgn mengirimkan pesan permohonan, maka calon relawan mau disertakan dalam grup Whatsapp Pojok IntraChange yg berisi diskusi terkait transportasi dan agenda internal,” kata dia.

Yiyin, salah satu anggota aktif Intrachange mengaku memiliki banyak pengalaman baru semenjak bergabung dalam komunitas edukasi bertrasportasi tersebut.

“Saya juga memiliki banyak teman baru yg asyik. Intrachange juga menyalurkan banyak hobi yg terpendam,” aku Yiyin. 

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangIntrachange, Komunitas Edukasi Keselamatan Bertransportasi . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.