Membahas tentangJaga Kesehatan Jantung dgn Melakukan 5 Hal Ini Setiap Hari

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangJaga Kesehatan Jantung dgn Melakukan 5 Hal Ini Setiap Hari,

Oase.id – Menjaga kesehatan jantung merupakan perkara penting sejak dini, sebab penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit ini dapat muncul pada usia produktif yaitu 35-45 tahun, hal ini dipicu oleh gaya hidup yg tak sehat, seperti tak ada aktivitas fisik, merokok, banyak mengkonsumsi makanan cepat saji.

Dilansir dari health.clevelandclinic.org, seorang ahli bedah kardiotoraks Marc Gillinov, MD, merekomendasikan lima hal yg perlu dilakukan setiap hari untuk membantu jantung bekerja dgn baik dan sehat. Berikut penjelasannya :

1. Mengonsumsi lemak sehat, bukan lemak trans

Saat mengonsumsi makanan, tubuh membutuhkan beberapa jenis lemak, termasuk lemak jenuh dan tak jenuh ganda dan tak jenuh, namun tak pada lemak trans. Lemak trans ialah lemak yg terbentuk saat minyak menjadi lemak padat. Lemak trans merupakan penyebab meningkatnya risiko penyakit jantung dan stroke seumur hidup.

Lemak ini juga mau menyebabkan arteri tersumbat dan tentunya mau meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Membersihkan gigi dgn baik

Menjaga kesehatan gigi menjadi awal yg baik untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh termasuk pada jantung. Penyakit periodontal (gusi) seringkali menjadi faktor risiko penyakit jantung, hal ini dikaitkan dgn bakteri penyebab penyakit gusi yg mampu berpindah ke aliran darah dan menyebabkan peradangan pada pembuluh darah.

3. Tidur yg cukup

Tidur menjadi perkara penting dalam menjaga kesehatan jantung. Jika seseorang tak mendapat tidur yg cukup, kemungkinan risiko penyakit kardiovaskular lebih tinggi dan penyakit ini tak memandang usia. Muda ataupun tua. Untuk itu, jadikanlah tidur sebagai prioritas dan tidurlah selama 7 hingga 8 jam di malam hari.

4. Jangan duduk terlalu lama dalam satu waktu

Kegiatan ini seringkali dilakukan oleh pekerja di kantor, duduk dan menghadap perangkat komputer lebih dari 5-6 jam tanpa berdiri. Tentunya saja hal ini mau meningkatkan risiko deep vein thrombosis atau pembekuan darah. Para ahli mengatakan, sangat penting untuk bergerak setiap hari. Salah satu cara yg dapat dilakukan di kantor antara lain; memarkir kendaraan lebih jauh dari kantor, berjalan-jalan sebentar di lingkungan kantor dan ingatlah untuk berolahraga setiap hari.

5. Hindari asap rokok

Menurut American Heart Association, paparan asap tembakau berkontribusi terhadap sekitar 34.000 kematian dini penyakit jantung dan 7.300 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahun. Bahan zat kimia pada asap rokok, bila terhirup mau mendorong penumpukan plak di arteri.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangJaga Kesehatan Jantung dgn Melakukan 5 Hal Ini Setiap Hari . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.