Membahas tentangJaminan Surga, Inilah Imbalan Buat Orang yg Sering Berbagi Mmauan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangJaminan Surga, Inilah Imbalan Buat Orang yg Sering Berbagi Mmauan,

Oase.id – Kondisi menjalani hidup di dunia ini sangat berbeda-beda. Tidak melulu berjalan mulus. Ada kalanya berada pada kondisi yg sulit.

Terkadang terdapat suatu kondisi yg membuat orang kesulitan mendapatkan makanan. Tentunya sebab keadaan ekonominya. Nah, apabila menemukan kondisi yg seperti ini, diwajibkan bagi orang yg berkecukupan untuk berbagi makanan.

Berbagi makanan khususnya kepada keluarga dan tetangga selalu diajarkan oleh Rasulullah ï·º. Bahkan disebutkan bahwa orang-orang yg sering berbagi makanan terjamin masuk surga.

BACA: Ini Janji Allah untuk Orang yg Gemar Bersedekah

Dalam hal ini, Rasulullah ï·º bersabda: “Tidaklah beriman kepadaku orang yg kenyg semalaman sedangkan tetangganya kelaparan di sampingnya, padahal ia mengetahuinya.” (HR At-Thabrani).

Berbagi makanan kepada keluarga atau tetangga tak harus menunggu memiliki banyak makanan. Tidak masalah berbagi makanan meskipun jumlahnya tak banyak. Sebab, seorang muslim mau berdosa bila merasa perutnya kenyg sementara tetangganya kelaparan.

Dari Abu Dzarr radhiyallahu 'anhu, Rasulullah ï·º bersabda, “Wahai Abu Dzarr, bila engkau memasak masakan berkuah, maka perbanyaklah kuahnya dan perhatikanlah tetanggamu.” (HR Muslim)

Berdasar hadis tersebut, dapat dipahami bahwa Rasulullah ï·º menyuruh umatnya untuk terus dan saling memperhatikan kondisi tetangganya. Bukan berarti untuk ikut campur dalam urusan rumah tangga orang lain. Namun, untuk memastikan bahwa keluarga atau tetangga terdekat memiliki cukup makanan untuk dikonsumsi.

Orang yg memberi makanan kepada yg sedang kelaparan termasuk ke dalam golongan orang-orang paling mulia. Hal ini seperti yg disebutkan dalam sebuah hadis, “Sesungguhnya orang terbaik di antara kalian ialah orang yg memberi makan.” (HR. Thabrani)

Dalam hadis lain disebutkan juga bahwa ada seorang laki-laki pernah bertanya kepada Rasulullah ï·º, “Perbuatan apa yg terbaik di dalam Islam?” Rasulullah ï·º menjawab, “Kamu memberi makan kepada orang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA: Bisa Menghambat Rezeki, Ini 3 Kebiasaan yg Harus Kita Hindari

Orang yg suka berbagi makanan, sangat mulia di mata Allah. Bahkan, Allah di akhirat kelak mau menyiapkan ruangan khusus di dalam surga.

Sebagaimana sabda Rasulullah ï·º, “Sesungguhnya di surga terdapat sejumlah kamar yg bagian luarnya terlihat dari bagian dalamnya dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya. Lalu seorang Arab Badui berdiri lalu bertanya, “Ya Rasulullah untuk siapa kamar-kamar itu?” Nabi ï·º menjawab, “…untuk orang yg memberi makan …” (HR. Tirmidzi)

Selain itu, Allah SWT juga mau memberikan pintu khusus yg hanya dapat dimasuki oleh umat-Nya yg selama hidup di dunia suka memberi makan orang lain. Khususnya sering memberi makan orang yg sedang kelaparan.

“Barang siapa yg memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyg dari rasa lapar, maka Allah mau memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yg tak dimasuki oleh orang lain.” (HR. Thabrani)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangJaminan Surga, Inilah Imbalan Buat Orang yg Sering Berbagi Mmauan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.