Membahas tentangJangan Sembarangan Buang Masker dan Sarung Tangan Sekali Pakai, Ini Dampaknya!

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangJangan Sembarangan Buang Masker dan Sarung Tangan Sekali Pakai, Ini Dampaknya!,

Oase.id –  Penggunaan masker dan sarung tangan saat ini telah menjadi bagian gaya hidup di tengah pandemi Covid-19. Saat ini masyarakat mulai beralih menggunakan masker kain yg dapat digunakan berulang kali.

Lalu bagaimana dgn masker dan sarung tangan bedah yg hanya dapat dipakai sekali? Kita harus memastikan dua benda tersebut dibuang dgn benar bila telah tak terpakai, supaya tak disalahgunakan oleh pihak yg tak bertanggung jawab.

Melansir Medcom.id, peneliti dari Scripps Institute of Oceanography di UC San Diego, Jennifer Brandon mengatakan bahwa kerap kali kita melihat orang membuang masker dan sarung tangan begitu saja di trotoar dan di jalanan, sesaat sebelum mereka masuk ke dalam mobil atau kendaraan lainnya.

Kebiasaan ini bukan hanya membuat kotor, tetapi juga mau menimbulkan masalah. Terutama bila masker dan sarung tangan tersebut masuk ke dalam saluran pembuangan mau menyebabkan saluran air tersendat sampai pencemaraan air di laut, sungai dan danau.

Hal ini juga mau menyebabkan penyebaran virus dan bakteri lebih mudah sebab cara pembuangan masker dan sarung tangan yg tak tepat.

“Jika di sekitarmu ada tempat sampah, biasakan untuk langsung membuangnya ke tempat sampah,” ujar Brandon.

Namun, bila tak ada tempat sampah di sekitar kamu, Brandon menyarankan untuk tetap menyimpannya di dalam tas atau mobil dgn wadah yg tertutup selama 24 jam. Sampai virus atau bakteri yg ada di masker dan sarung tangan mati.

Membuang masker dan sarung tangan sembarangan juga dapat berdampak pada lingkungan. Menurut Brandon, hal ini dapat menjadi masalah sebab masker dapat terlihat mirip seperti ubur-ubur bila telah sampai di laut.

 

“Ubur-ubur menjadi makanan utama para penyu, tuna, ikan pedang, dan hiu. Dan hewan-hewan tersebut dapat menganggap bahwa masker yg ada di lautan sebagai makanannya sebab mirip dgn ubur-ubur,” jelas Brandon.

Masker yg menjadi sampah di lautan juga dapat menjerat hewan-hewan laut atau dapat juga dimakan oleh anjing laut, berang-berang, dan singa laut. Sedangkan sarung tangan lateks yg dibuang sembarangan juga dapat merusak lingkungan.

“Warna sarung tangan yg cerah mau mengundang daya tarik para burung untuk memakannya. Sering waktu, hal ini mau menjadi masalah yg besar ketika sampah masker dan sarungan tangan ini terurai dan pada akhirnya menjadi makanan hewan yg lebih kecil,” tutup Brandon.

(FER)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangJangan Sembarangan Buang Masker dan Sarung Tangan Sekali Pakai, Ini Dampaknya! . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.