Membahas tentangKandungan pada Minuman yg Harus Dihindari saat Berpuasa di Masa Pandemi 

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangKandungan pada Minuman yg Harus Dihindari saat Berpuasa di Masa Pandemi ,

Oase.id- Amankah berpuasa saat pandemi? Sah-sah saja pertanyaan itu diajukan. Akan tetapi, jawabannya juga susah-susah gampang. Sebab, yg mempengaruhi rentan atau taknya seseorang tertular virus korona (Covid-19) ialah seberapa kuat daya tahan tubuh yg dia dimiliki.

Ya, terinfeksi dan taknya juga terukur dari sejauh mana orang itu berkontak fisik dgn yg lainnya. Selain itu, imunitas yg diandalkan untuk membentengi tubuh kita, juga dapat menguat dan melemah sebab faktor tertentu, paling utama, pola dan asupan makanan.

Nah, di bulan Ramadan kali ini, lebih baik hindari minuman-minuman yg memiliki kandungan berikut supaya daya tahan tubuh kita tak melemah.

 

Kafein

Kafein tak hanya terkandung dalam sajian kopi, tetapi juga dapat ditemukan di secangkir teh.

Meskipun kafein memiliki sisi baik seperti antioksidan, laksatif, dan boost energy, mau tetapi dalam kondisi-kondisi tertentu, kafein dapat menyebabkan dehirasi fatal, terutama ketika terkonsumsi setelah puasa.

Kafein juga berpotensi memacu gerak usus lebih cepat dan membuat sistem metabolisme tubuhmu jadi tak teratur. 

 

Selanjutnya, beberapa riset menunjukkan kafein mampu mengaktifkan noradrenaline pada tubuh yg dapat memicu hormon stres. Hormon stres mau memicu inflamasi dalam tubuhdan membuat sistem imun kita melemah.

Baca: Mudik Dilarang, Ini Kiat Konferensi Video bareng Keluarga Jadi Lebih Berkesan

 

Diuretik

Diuretik merupakan kandungan pada minuman atau makanan yg dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan cairan melalui keringat, air besar, maupun kencing. 

Tidak semua kandungan diuretik terdapat pada minuman atau makanan yg berkafein. Kandungan ini juga ditemukan pada jus seledri atau ekstraks bunga sepatu.

Mengonsumsi diuretik berlebihan baik saat puasa atau tak berpotensi menyebabkan rabdomiolisis, yakni kerusakan otot akibat dehidrasi akut.

Baca: Jangan Asal Beli, Ini Cara Mengetahui Kualitas Kurma yg Baik

 

Gula

Makanan atau minuman yg tak boleh dikonsumsi saat terancam wabah sekaligus berpuasa ialah gula. Jenisnya, baik itu gula putih atau gula apapun yg mengandung pemanis tambahan. 

Jika tubuh mengonsumsi 75gr gula yg setara dgn 2 kareng minuman bersoda atau 1 mangkok es buah segar, maka kandungan gula tersebut berpeluang menurunkan kekebalan sistem imun setelah 30 menit mengonsumsinya. Penurunan tersebut dapat bertahan hingga 5 jam. 

Selama Ramadan, cobalah mengganti kebutuhan pemanis dgn kandungan gula dari buah-buahan.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangKandungan pada Minuman yg Harus Dihindari saat Berpuasa di Masa Pandemi  . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.