Membahas tentangKemenag Berikan Bantuan Bertahap untuk 21 Ribu Pesantren

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangKemenag Berikan Bantuan Bertahap untuk 21 Ribu Pesantren,

Oase.id- Kementerian Agama secara bertahap sedang menyalurkan bantuan untuk lebih dari 21 ribu pesantren di masa pandemi. Tahap pertama telah mulai cair di 9.511 pesantren.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag, Waryono mengatakan, bahwa penerima bantuan ini ialah pesantren yg telah memiliki Nomor Statistik Pondok Pesantren (NSPP).

“Penerapan syarat NSPP bertujuan memperbaiki tata kelola yg memang selama ini lepas kendali. Saat dibuatkan sistem, semakin terdeteksi pesantren yg terdata dan atau tak terdata,” ujar Waryono, dilansir dari Medcom.id, Jumat, 4 September 2020.

Terkait info adanya sejumlah pesantren yg belum terdaftar sebagai penerima bantuan, Waryono mengaku belum mendapatkan datanya. Kalaupun ada, kata Waryono, pihaknya mau menelaah data tersebut terkait dgn kepemilikan NSPP-nya.

Waryono mengimbau pesantren yg belum masuk daftar penerima bantuan untuk memastikan apakah telah memiliki NSPP atau belum. Bagi yg telah habis masa berlakunya (lima tahun dihitung sejak keluarnya izin operasional yg pertama), segera didaftarkan ke link berikut ini: https://ditpdpontren.kemenag.go.id/ijoppesantren.

 

“Pendataan pesantren oleh EMIS melalui IZOP online ini telah dilakukan sejak 2018,” tegasnya.

Sebelumnya,Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan komitmen pemerintah untuk memberikan perhatian ke lembaga pendidikan Islam, mulai dari pesantren, madrasah diniyah, hingga lembaga pendidikan Alquran. Perhatian ditingkatkan, utamanya di masa pandemi supaya pesantren terhindar dari penularan covid-19.

“Pesantren jangan sampai menjadi pusat penularan covid 19. Pemerintah memiliki perhatian ke pesantren, diniyah dan pendidikan Alquran. Pemerintah menyediakan dana Rp2,6 triliun,” terang Wapres dalam keterangannya, Kamis, 9 Juli 2020.

“Pesantren mau mendapat bantuan operasional, ada yg 50, 40, dan 25 juta, sesuai kriteria pesantren” sambungnya.

(FER)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangKemenag Berikan Bantuan Bertahap untuk 21 Ribu Pesantren . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.