Membahas tentangKeutamaan dan Manfaat Kesehatan Puasa Daud Bagi Perempuan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangKeutamaan dan Manfaat Kesehatan Puasa Daud Bagi Perempuan,

Oase.id – Semua pasti tak asing lagi dgn manfaat yg diberikan saat seseorang melaksanakan ibadah puasa, mulai dari manfaat kesehatan hingga spiritual. Puasa merupakan ibadah yg sangat dianjurkan oleh Rasulullah, termasuk kepada kaum hawa. Bagi perempuan, berpuasa menjadi ajang untuk menahan diri dari hawa nafsu dan mengontrol diri dari berbagai emosi yg muncul.

Keutamaan puasa daud

Puasa Daud dapat menjadi salah satu puasa yg diperuntukan untuk para perempuan muslimah . Puasa ini dilakukan dgn cara sehari puasa sehari berbuka. Dalam hadis HR. Bukhari no. 1131

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya:

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ØŒ وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ØŒ وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Sebaik-baik salat di sisi Allah ialah salatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah ialah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau salat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tak berpuasa di hari berikutnya.”

Dalam riwayat lain disebutkan,

لاَ صَوْمَ فَوْقَ صَوْمِ دَاوُدَ ، شَطْرَ الدَّهْرِ ، صِيَامُ يَوْمٍ ، وَإِفْطَارُ يَوْمٍ

“Tidak ada puasa yg lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti telah berpuasa separuh tahun sebab sehari berpuasa dan sehari tak berpuasa.” (HR. Bukhari no. 6277 dan Muslim no. 1159).

Manfaat kesehatan puasa Daud bagi perempuan :

1. Menjaga kesabaran dan emosi

Perkara puasa ialah mengontrol hawa nafsu salah satunya salah menjaga kesabaran dan emosi. Dengan menjalankan ibadah puasa sunah Daud, maka seorang perempuan mau lebih mampu mengontrol emosinya supaya tak berlebihan dimana segala sesuatu berasal dari hawa nafsu. Dalam Firman Allah SWT pada surat Al – Maidah ayat 49 :

“Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yg diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tak memalingkan kamu dari sebahagian apa yg telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yg telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki mau menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia ialah orang-orang yg fasik.”

2. Mencegah mudah sakit
                                   
Puasa Daud memiliki manfaat untuk menjaga imunitas tubuh, dgn berpuasa yg dilakukan selang seling mau membuat sistem pencernaan tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, puasa Daud juga mau bertindak sebagai proses detoksifikasi bagi tubuh, bertugas untuk membuang segala jenis racun yg dalam tubuh yg pastinya dapat merugikan kesehatan tubuh.

3. Mendapatkan jodoh
                 
Puasa Daud dapat menjadi salah satu sarana berdoa kepada Allah SWT supaya terkabul. Agar memudahkan datangnya jodoh, dapat dgn ikhtiar berpuasa daud bagi perempuan. Bagaimana tak saat seseorang melakukan puasa Daud dan berdoa, maka malaikat mau berdoa kepada Allah SWT atas permohonan, sebab puasa sunnah Daud ialah sunnah yg paling dicintai Allah SWT.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangKeutamaan dan Manfaat Kesehatan Puasa Daud Bagi Perempuan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.