Membahas tentangKH Din Syamsuddin: Dahulukan Keselamatan ketimbang Kemaslahatan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangKH Din Syamsuddin: Dahulukan Keselamatan ketimbang Kemaslahatan,

Oase.id- Cendekiawan Muslim Prof.Dr.KH Din Syamsuddin mendukung penuh peniadaan salat Jumat untuk sementara waktu. Hal itu, demi turut membantu menghalau laju persebaran virus Covid-19 yg sedang mengancam dunia, termasuk Indonesia.  

“Untuk sementara waktu, supaya salat berjemaah, termasuk salat Jumat di masjid, diganti dgn salat zuhur di rumah masing-masing,” imbau Din melalui pesan video yg diterima Oase.id pada Jumat, 20 Maret 2020.

Baca: Ini 5 Poin Penting Fatwa MUI tentang Korona

 

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah itu beralasan, Indonesia sedang dalam keadaan darurat. Dan kadar kedaruratan itu mengacu petunjuk pemerintah dan didukung pendapat para ulama. 

“Berdasarkan pendalaman Al-Qur'an, hadis, dan petunjuk para ulama, kita telah mengenal prisip bahwa menghindari kemudaratan lebih penting dikedepankan ketimbang mengutamakan kemaslahatan,” jelas Din.

 

Din menguatkan, inilah tujuan syariat Islam. Yakni, hifdzun nafs, atau menjaga diri.

“Mendahulukan keselamatan lebih penting dibanding mendirikan kemaslahatan,” ujar dia.

 

Baca: Aa Gym Imbau Masyarakat Salat di Rumah dan Taat Anjuran Pemerintah

 

Selain itu, Prof Din juga mengimbau supaya masyarakat mulai membiasakan diri untuk membersihkan diri dan lingkungan. Ditambah pula dgn memperbanyak doa dan bermunajat untuk memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah Swt. 

“Biasakan mencuci tangan dan membasuh muka, terutama lewat wudu. Yang lebih penting, berdoa dan bermunajat memohon pertolongan dari Allah Swt supaya kita dibebaskan dari wabah korona,” kata dia. 

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangKH Din Syamsuddin: Dahulukan Keselamatan ketimbang Kemaslahatan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.