Membahas tentangMacam-macam Doa yg Bisa Dibaca saat Hujan, Agar Membawa Berkah

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangMacam-macam Doa yg Bisa Dibaca saat Hujan, Agar Membawa Berkah,

Sebagian wilayah di Indonesia telah mulai masuk musim hujan. Sejumlah wilayah hampir tiap hari diguyur hujan. Hujan tak semata-mata turun ke muka bumi. Dalam ajaran Islam, hujan mengandung tujuan dan makna tersendiri.

Dalam Al-Quran sangat banyak sekali ayat-ayat Allah yg menjelaskan dan menyebutkan mengenai hujan dalam kehidupan manusia. Salah satunya terdapat dalam QS. Al A’raf  ayat 57.

Dalam ayat tersebut, dijelaskan bahwa hujan merupakan kabar gembira. Turunnya hujan memberikan nikmat yg luar biasa. Air hujan diturunkan Allah untuk menyuburkan tanah yg tandus. 

Kemudian menjadikan tanah-tanah tersebut menjadi subur sehingga tumbuh tanam-tanaman. Hasilnya bermanfaat bagi manusia.

Selain itu, supaya semakin membawa berkah, berikut macam-macam doa yg dapat dibaca pada saat hujan

Doa Turun Hujan

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami yg bermanfaat.” (HR. Bukhari Muslim)

Doa Saat Turun Hujan Deras

Berikut bacaan doa yg dapat dipanjatkan saat turun hujan lebat supaya diberikan keberkahan dan perlindungan:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Artinya: “Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Bukhari Muslim)

Doa Turun Hujan dan Angin Kencang

Imam Muslim dalam suatu hadis menyebutkan bahwa Rasulullah SAW membaca doa turun hujan yg disertai angin kencang berikut ini:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yg ada di dalamnya, dan kebaikan yg Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yg ada di dalamnya, dan kejahatan yg Engkau kirim bersamanya.”

Doa Turun Hujan Disertai Petir

Apabila turun hujan disertai petir, maka bacalah doa ini supaya selalu dilindungi oleh Allah SWT:

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Artinya: “Maha suci Allah yg dgn memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat sebab takut kepada-Nya.” (HR. Imam Malik)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangMacam-macam Doa yg Bisa Dibaca saat Hujan, Agar Membawa Berkah . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.