Membahas tentangManusia Lebih Banyak Diam di Rumah, Ini Perubahan yg Terjadi pada Bumi

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangManusia Lebih Banyak Diam di Rumah, Ini Perubahan yg Terjadi pada Bumi,

Oase.id- Bukan saja tingkat polusi udara yg turun jauh, berkurangnya aktivitas manusia akibat pandemi korona (Covid-19) juga telah menurunkan gerakan kerak bumi. Hal ini diketahui dari penelitian para seismolog di beberapa negara.

Para seismolog mengumpulkan data dari ribuan detektor yg ditempatkan di berbagai bagian dunia untuk mengukur gelombang seismik ambien. Gelombang ini merambat melalui sekitar kerak bumi saat terjadi gempa.

Paula Koelemeijer, seismolog yg berbasis di London, melaporkan bila penurunan kebisingan seismik juga terjadi di kota itu setelah penutupan 40 stasiun kereta bawah tanah. 

Sementara, Stephen Hicks, ahli gempa bumi di Imperial College London menyebutkan, detektor di jalan raya M4, juga mencatat penurunan rata-rata tingkat kebisingan seismik terjadi pada siang hari.

Dengan begitu peneliti dapat mendeteksi pergerakan seismik yg kecil yg selama ini tertutupi oleh kebisingan aktivitas manusia. 

 

“Kita membuat sesuatu yg besar untuk pencatatan seismik dan kita mungkin dapat belajar sesuatu di sini mengenai bagian lain dari lingkungan. Di masa depan, mungkin sejumlah individu mau lebih  kritis dgn mengubah kebiasaan mereka, menghindari bepergian satu orang satu mobil,” ungkap Lecocq dikutip dari The Independent.

Meski lockdown yg berdampak pada turunnya aktivitas manusia dan berdampak pada kemudahan seismolog mendeteksi sinyal gempa, Dr Lecocq mengatakan tak ada bukti bahwa penurunan aktivitas manusia mau membuat gempa bumi lebih kecil kemungkinannya.

Akan tetapi, Andy Frassetto, seismolog di Washington DC mengatakan bila lockdown terus diberlakukan dalam beberapa bulan mendatang, detektor yg terletak di kota harus lebih baik dalam mendeteksi lokasi susulan gempa. 

“Anda mau mendapatkan sinyal dgn kebisingan lebih sedikit di bagian atas, memungkinkan untuk mendapatkan informasi lebih banyak dari peristiwa tersebut,” jelasnya dikutip dari Nature. 

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangManusia Lebih Banyak Diam di Rumah, Ini Perubahan yg Terjadi pada Bumi . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.