Membahas tentangMenerima Ketakutan Adalah Cara Terbaik Hindari Stres

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangMenerima Ketakutan Adalah Cara Terbaik Hindari Stres,

Oase.id- Ahli psikologi klinis dari University of Derby, Inggris Paul Gilbert mengungkapkan, manusia butuh belas kasih saat hadapi tragedi dan trauma.

Gilbert mendefinisikan belas kasih sebagai motivasi untuk terlibat dgn kesusahan dan penderitaan. Sekaligus berusaha untuk menemukan cara guna meringankan dan mencegahnya.

“Jadi, untuk membangun belas kasih, pertama, kita perlu keberanian untuk terlibat dgn rasa sakit dan penderitaan. Kedua, berkomitmen untuk belajar bagaimana cara terbaik untuk membantu diri sendiri dalam menangani hal ini, dan kemudian melakukannya,” terang Gilbert sebagaimana dilansir dari The Guardian.

Gilbert menyebut ada banyak penderitaan akibat pandemi Covid-19. Bukan hanya sebab virus, tetapi juga tindakan pencegahan yg memaksa orang tetap di rumah serta penutupan berbagai aktivitas. Hal itu, tentu menyebabkan hilangnya pekerjaan hingga memicu stres yg dapat meningkatkan kekerasan dalam rumah tangga.

“Perubahan semacam itu sangat memengaruhi kami secara pribadi dan sosial. Kesedihan orang lain juga memengaruhi kita. Berbelas kasih berarti mengakui bahwa kita tak sendirian, tetapi disatukan dgn orang lain yg juga menghadapi atau berusaha mengatasi kesulitan-kesulitan ini,” urai Gilbert.

Setiap orang dihantui pikiran negatif dalam menghadapi situasi tersebut. Pasti ada perasaan frustasi, stres, cemas, ataupun takut. Dibanding menegasikan perasaan itu, Gilbert menyarankan untuk merangkul rasa itu. Memilih untuk menerima, bukan menolak ataupun menegasikan emosional yg muncul.

 

“Ini mau membantu bila kita dapat menerima emosi-emosi itu dan merangkulnya, alih-alih mengabaikan atau menygkal yg justru malah menambah penderitaan,” sambungnya.

Baca: 7 Langkah Menjaga Kesehatan Jiwa di Tengah Cobaan Wabah Korona

 

Saat perasaan itu datang, yg harus dilakukan ialah bersikap welas asih pada diri sendiri. Setiap orang harus belajar untuk menoleransi, menanggung, dan mengelola perasaan itu. Tidak perlu frustasi dan putus asa ketika melihat kebijakan pemerintah yg dirasa tak sesuai, layanan kesehatan tak memadai, maupun ketika merasa tak berguna sebab hanya duduk di rumah.

“Belas kasih pada diri sendiri mengharuskan kita untuk mengingat bahwa situasinya yg membuat frustrasi, bukan kita,” tegasnya.

Ia juga menyarankan setiap orang mengubah pola pikir, dari fokus pada diri sendiri menuju demi kepentingan bersama. Diam di rumah ialah perbuatan besar untuk melindungi orang lain. Tidak berkeliaran demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Pikiran lebih besar seperti itu mau sangat membantu.

Rasa takut juga sebaiknya dikelola dgn baik. Harus diingat, bahwa manusia ialah makhluk sosial. Akan selalu ada manusia yg mengulurkan tangan untuk membantu sesama.  

“Manusia ialah makhluk yg sangat sosial. Mereka mau berbagi rasa sakit dan kesedihan. Selalu ada orang-orang yg mau membantu. Jadi biarkan mereka membantu,” tegasnya.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangMenerima Ketakutan Adalah Cara Terbaik Hindari Stres . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.