Membahas tentangMenyimpan Frozen Food Selama PSBB, Jangan Lupa Perhatikan Ini

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangMenyimpan Frozen Food Selama PSBB, Jangan Lupa Perhatikan Ini,

Oase.id– Menyimpan frozen food alias makanan beku dapat dijadikan pilihan selama berlakunya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat adanya ancaman virus korona (Covid-19). Selain awet, produk-produk ini juga memudahkan peminatnya untuk memasak dan menyabilannya secara lebih praktis.

Akan tetapi, meskipun memiliki umur panjang dalam media penyimpanan makanan, kelayakan dan kualitas frozen food juga mesti diperhatikan secara rutin dan berkala.

Berikut ialah beberapa tips pengecekan kualitas makanan beku yg kamu simpan di rumah; 

 

Menuliskan waktu awal pembekuan

Jika mau membekukan makanan, jangan lupa, tulislah tanggal saat pertama kali memasukannya ke dalam frezzer. Hal ini sangat penting dan mau berpengaruh terhadap batas-batas dan ketentuan masa penyimpanan makanan. 

Contoh, udang dapat bertahan dalam keadaan beku selama 3-6 bulan. 

Baca: Lakukan Ini supaya Stamina Tetap Terjaga Selama WFH

 

Cek kemasan

Jika menemukan kemasan sobek pada produk makanan beku, itu mau menjadikan frozen food mengalami potensi busuk lebih awal. Sebelum memasaknya, coba perhatikan seberapa besar sobekan yg terdapat pada kemasan tersebut.

Jika terapat celah atau lubang cukup besar, sebaiknya makanan tersebut tak dikonsumsi sebab  sangat mungkin telah terjadi pembusukan.

 

Perubahan tekstur

Perubahan tekstur merupakan salah satu tanda pada makanan yg telah membusuk. Sayuran segar, misalnya, bila dimasukkan ke dalam freezer terlalu lama maka mau terlihat kusam dan berlendir. 

Meski barangkali masih aman untuk dikonsumsi, mau tetapi sayuran itu nyaris pasti tak mau menghasilkan hidangan lezat setelah dimasak.

 

Terdapat genangan

Jika bahan makanan telah melekat pada dinding kulkas, telah dapat dipastikan makanan itu tak bagus untuk dikonsumsi. 

Lapisan es di sekeliling makanan kemungkinan besar telah pernah mencair sebelumnya. Hal ini menyebabkan ada beberapa titik genangan air dalam bahan makanan yg dapat menyebabkan tak aman lagi untuk dikonsumsi.

Baca: Tips Menjaga Makanan biar Awet Selama PSBB

 

Tak perlu dibekukan kembali

Ada beberapa makanan yg tak perlu dibekukan kembali ketika telah mencair. Sebab, hal ini dikhawatirkan mau mengurangi kualitas dan nutrisi pada makanan. 

Contohnya, daging, ikan, kaldu, jus buah, dan pasta.

Pasta tak perlukan dibekukan kembali sebab olahan tersebut mengandung susu yg mau membuatnya mudah basi atau terkena bakteri setelah mencair. Belum lagi, kandungan saus tomat dalam olahan tersebut ditakitkan juga mau membuat pasta terasa makin asam.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangMenyimpan Frozen Food Selama PSBB, Jangan Lupa Perhatikan Ini . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.