Membahas tentangMudik Dilarang, Ini Kiat Konferensi Video bareng Keluarga Jadi Lebih Berkesan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangMudik Dilarang, Ini Kiat Konferensi Video bareng Keluarga Jadi Lebih Berkesan,

Oase.id- Pemerintah Indonesia secara resmi melarang masyarakat pulang kampung alias mudik mulai awal Ramadan tahun ini. Kebijakan ini muncul demi memutus mata rantai persebaran virus korona (Covid-19) makin meluas.

Sebagai gantinya, masyarakat diimbau untuk mengganti cara silaturahmi dgn memanfaatkan teknologi informasi. Melalui konferensi video, niscara kekangenan terhadap keluarga di kampung halaman dapat sedikit terobati.

Nah, berikut ialah tips supaya komunikasi lewat video bersama keluarga yg kamu lakukan kian berkesan;

 

Menata pencahayaan

Pencahayaan yg baik mau membuat wajah terlihat lebih jelas saat konferensi video berlangsung. Hindari duduk dgn posisi membelakangi jendela, atau kamu dapat melakukan konferensi video di teras rumah.

 

Pastikan kecepatan koneksi 

Kecepatan internet yg tak bagus mau menyebabkan suara kacau dan gambar menjadi buram. Hal ini tentu sangat mengganggu saat konferensi video bersama keluarga.

Rata-rata kecepatan internet untuk video calls tergantung dan mempengaruhi kualitas gambar yg didapat. Misalnya, untuk kecepatan 20 Mbps dapat mendapatkan hasil video dgn kualitas 4K. Sementara untuk format HD 1080p biasanya membutuhkan kecepatan 5 Mbps, HD 720p (2,5 Mbps), dan SD 480p (1,1 Mbps).

Pastikan penggunaan internet hanya digunakan pada laptop yg mau dipakai untuk konferensi video. Karena bila sinyal terbagi, hal itu mau memperlambat kecepatan koneksi yg dipakai.

 

Aplikasi terbaik

Kini, telah tersedia aneka pilihan aplikasi konferensi video yg dapat digunakan dgn jumlah olah yg cukup banyak. Akan tetapi, kita harus memastikan aplikasi tersebut stabil dan kompatibel dgn laptop yg kamu gunakan sehingga panggilan konferensi video berjalan lancar dan rindu pun terobati.

Baca: Selain Zoom, Ini 8 Layanan Konferensi Video yg Patut Kamu Coba

 

Kosongkan agenda

Sebelum melakukan konferensi bersama keluarga, pastikan kamu telah siap untuk menggunakan aplikasi tersebut dgn mempertimbangkan tak mau ada gangguan sedikit pun. Termasuk, agenda dan tanggung jawab lain yg sedang menuntut konsenstrasi kamu. 

Agar komunikasi dapat lebih bermakna, kamu dapat meng-cancel jadwal lain, terlebih dulu menyelesaikan target kerja yg harus dirampungkan, atau membatasi kontak masuk dari nomor di luar anggota keluarga. 

Komitmen ini, alangkah baiknya juga dilakukan semua anggota keluarga yg hendak terlibat dalam obrolan. Sehingga silaturahmi pun dapat lancar, berkesan, dan tanpa gangguan.

Baca: Jangan Asal Beli, Ini Cara Mengetahui Kualitas Kurma yg Baik

 

Abadikan momen

Jangan lupa mengabadikan momentum yg berkesan ini. Kamu dapat melakukan tangkap layar (capture) untuk format foto, maupun dgn menjalankan fitur rekam video yg tersedia di aplikasi bawaan atau dgn mengaktifkan dari platform tambahan.

Foto dan video yg kamu dapatkan, dapat jadi pengobat rindu tanpa harus melakukan konferensi video setiap hari. Atau, boleh juga diunggah di media sosial dalam rangka membagi inspirasi.  

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangMudik Dilarang, Ini Kiat Konferensi Video bareng Keluarga Jadi Lebih Berkesan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.