Membahas tentangMuhammadiyah Bakal Punya Masjid Ramah Lingkungan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangMuhammadiyah Bakal Punya Masjid Ramah Lingkungan,

Oase.id- Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu'ti menargetkan pembangunan ecomasjid atau masjid ramah lingkungan At Tanwir selesai akhir Mei 2020.

“Masjid di PP Muhammadiyah masih dalam proses pembangunan dan diperkirakan selesai bulan Mei pekan ke empat,” kata Mu'ti sebagaimana dikutip dari Antara pada Senin, 20 Januari 2020. 

Sebelumnya, Sekum PP Muhammadiyah yg juga penanggung jawab pembangunan Masjid At Tanwir mengatakan unsur masjid yg sedang dibangun itu mempunyai fungsi sebagai layar di bagian dinding dan sel surya di bagian atap.

Sel surya, kata dia, mendukung pemenuhan kebutuhan listrik dgn pengisian daya ke baterai melalui cahaya matahari di siang hari. Masjid itu juga dirancang hemat listrik dgn konstruksi bangunan yg memungkinkan sinar matahari langsung masuk ke dalam ruangan masjid.

“Dindingnya kita buat dgn penerangan yg memadai supaya tak banyak menyalakan lampu, tetapi cukup dgn cahaya matahari yg dapat masuk ke dalam masjid secara langsung,” kata dia.

Selain itu, lanjut Mu'thi, air bekas wudu di masjid multifungsi dgn enam lantai tersebut mau digunakan untuk menyiram tanaman dan kloset.

 

“Karena kita perlu memiliki masjid yg lebih representatif. Selain untuk kepentingan kegiatan di PP Muhammadiyah, juga untuk memberi pelayanan bagi masyarakat di sekitar supaya dapat beribadah dgn lebih khusuk dan nyaman,” kata Mu'ti.

Dia mengatakan ecomasjid yg saat ini sedang dalam proses pengerjaan itu merupakan realisasi keputusan Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar, Sulawesi Selatan. Pada perhelatan forum tertinggi Muhammadiyah pada 2015 itu menelurkan Keputusan Muktamar ke-47 tentang Penghematan Energi dan Energi Terbarukan salah satu perwujudannya melalui ecomasjid.

Selain itu, salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia melalui Keputusan PP Muhammadiyah tentang Fikih Air dan Keputusan Muktamar ke-47 mendorong budaya bersih melalui gerakan berbasis keluarga dan komunitas.

Demi menunjang pengetahuan dan kesadaran tentang hidup bersih, kata Mu'ti diperlukan juga teknologi pengolahan limbah dan sampah yg memungkinkan umat melakukan daur ulang air dan sampah serta memanfaatkannya secara produktif untuk pertanian, energi terbarukan dan industri kreatif berbasis rumah tangga dan komunitas.

“Pembangunan masjid ramah lingkungan merupakan realisasi keputusan Muktamar tentang penghematan energi dan energi terbarukan serta keputusan PP Muhammadiyah tentang Fikih Air,” kata dia.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangMuhammadiyah Bakal Punya Masjid Ramah Lingkungan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.