Membahas tentangNanas Bisa Membuat Daging Jadi Empuk, Ini Alasannya

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangNanas Bisa Membuat Daging Jadi Empuk, Ini Alasannya,

Selain tusuk sate dan arang, buah nanas banyak dicari orang saat Hari Raya Idul Adha. Nanas diyakini dapat membantu membuat daging menjadi empuk, sehingga olahan daging kurban yg biasa didapat orang saat Idul Adha menjadi lebih lezat.

Nanas telah dikenal oleh kalangan masyarakat sebagai buah yg bermanfaat dalam proses pengempukan daging. Lantas, apa atau kandungan apa yg terdapat pada nanas sehingga mampu membuat daging menjadi empuk?

Diambil dari IPB University, Dr. Tuti Suryati, SPt, MSi, staf pengajar divisi teknologi hasil hewan ternak memaparkan, buah nanas mengandung enzim bromelin. Enzim bromelin termasuk jenis enzim protease yg dapat memutuskan ikatan peptide pada protein.

Sehingga dapat menghidrolisis atau mendegradasi protein menjadi potongan-potongan peptida dalam bentuk sederhana dari protein. Bromelin juga dapat bekerja pada jaringan kolagen. Jaringan ini merupakan protein pada jaringan ikat, protein myosin, protein myofibril, atau serabut daging.

Selain itu, enzim bromelin dapat ditemui pada daun, batang dan buah nanas. Buah nanas ini banyak digunakan dalam membantu proses pengempukan daging. Selain supaya tak mengubah cita rasa daging, buah nanas juga mampu menambah kelezatan rasa daging.

Tidak masalah meski mengalami degradasi protein, dari sisi kandungan nutrisi, daging yg telah diberi tambahan buah nanas tak mengalami penurunan, justru enzim bromelin dapat menambah kandungan protein daging walaupun tak terjadi signifikan.

Suhu optimal kerja enzim bromelin olahan daging ialah suhu ruang hingga 50 derajat Celcius. Jika melebihi 70 derajat Celcius, maka mau mengalami penurunan aktivitas akibat kerusakan atau proteinnya terdenaturasi.

Seperti yg diketahui, tingkat kealotan daging sangat beragam. Namun, umumnya daging direndam dalam parutan nanas selama 15 menit hingga 30 menit di suhu ruang sebelum dimasak.

Hal yg perlu diperhatikan, supaya tak terlalu lama menyimpan daging mentah pada suhu ruangan, sebab daging mau terkontaminasi oleh bakteri yg ada di lingkungan sekitar kita.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangNanas Bisa Membuat Daging Jadi Empuk, Ini Alasannya . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.