Membahas tentangOrang Tua Wajib Tahu! Ini Doa Agar Anak Jadi Soleh dan Solehah Serta Cerdas

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangOrang Tua Wajib Tahu! Ini Doa Agar Anak Jadi Soleh dan Solehah Serta Cerdas,

Orang tua umumnya mengamalkan doa untuk anak laki-laki dan perempuan supaya menjadi anak soleh dan solehah. Biasanya, orang tua juga menaruh harapan supaya anak-anaknya tumbuh menjadi anak yg cerdas. Anak yg tumbuh cerdas pada umumnya membanggakan kedua orang tuanya.

Para nabi sebenarnya telah mengajarkan beberapa lafal doa untuk anak. Beberapa di antaranya terangkum dalam Al-Quran dan Hadis.

Berikut, doa yg dapat diamalkan para orang tua supaya anak-anaknya jadi anak yg soleh dan solehah, serta cerdas.

1. Doa yg dipanjatkan Nabi Ibrahim AS saat memohon kepada Allah Swt supaya dianugerahi seorang anak yg soleh dan taat. Tidak hanya itu, Nabi Ibrahim melafalkan doa ini sekaligus dianugerahi anak yg dapat membantunya dalam menyiarkan dakwah. Doa Nabi Ibrahim AS pun dikabulkan oleh Allah SWT. Sehingga lahirlah Nabi Ismail AS.

Doa ini termaktub dalam surat As-Saffat ayat 100, yg berbunyi:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yg termasuk orang yg saleh.”

BACA: 5 Metode Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan Berdasarkan Ajaran Islam

2. Doa lain yg dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim melalui doa ini memohon supaya keturunannya menjadi soleh dan solehah. Keturunan yg senantiasa terjaga salatnya dan hanya beribadah kepada Allah Swt.

Berikut bunyi doa yg termaktub dalam surat Ibrahim ayat 35 dan 40:

رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الأصْنَامَ

Artinya: “… Ya Tuhan, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yg aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku supaya tak menyembah berhala.”

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yg tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

3. Doa yg dipanjatkan oleh Nabi Zakaria AS. Beliau saat itu terkagum dgn kemuliaan dan kecerdasan seorang perempuan bernama Maryam. Karena kekagumannya itulah membuat Nabi Zakaria meminta kepada Allah supaya dikaruniai seorang anak yg serupa dgn kecerdasan dan kemuliaan Maryam.

Adapun lafal doanya termaktub dalam surat Ali Imran ayat 38:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yg baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.”

BACA JUGA: Beritahukan Pada Anak, Berikut 3 Tanda Baligh dalam Islam

4. Doa lainnya ditunjukkan dalam firman Allah SWT dalam surat Al Furqan ayat 40.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: “…… Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yg bertakwa.”

5. Yang terakhir ialah doa supaya menjadi cerdas. Pada umumnya orang tua mengidamkan anak yg cerdas. Berikut lafal doanya:

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dgn cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yg pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

Dengan mengamalkan beberapa doa di atas, semoga Allah SWT senantiasa memberikan karunia anak yg anak yg Soleh dan Solehah serta cerdas pikirannya. Sehingga membawa keberkahan untuk agama dan bangsa. Amin YRA..

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangOrang Tua Wajib Tahu! Ini Doa Agar Anak Jadi Soleh dan Solehah Serta Cerdas . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.