Membahas tentangPresiden Turki Luncurkan Papan Nama di Gerbang Utama Hagia Sophia

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangPresiden Turki Luncurkan Papan Nama di Gerbang Utama Hagia Sophia,

Oase.id- Hagia Sophia mau dibuka sebagai masjid pada hari ini. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pun meluncurkan papan nama baru Masjid Hagia Sophia.

Seperti dilansir Medcom.id, Jumat, 24 Juli 2020, peluncuran papan nama baru itu dilakukan pada Kamis 23 Juli. Ikon Istanbul itu mau dibuka kembali untuk salat untuk pertama kalinya dalam 86 tahun.

“Setelah pertemuan tentang masalah-masalah militer di Ibu kota Ankara, Recep Tayyip Erdogan dan sebuah delegasi meluncurkan papan nama di gerbang utama Masjid Hagia Sophia dan mengambil foto kelompok di sana,” tulis Anadolu, melansir Medcom.id, Jumat, 24 Juli 2020.

“Erdogan juga diberitahu tentang pekerjaan yg sedang dilakukan untuk pembukaan kembali Masjid Hagia Sophia untuk Salat Jumat,” imbuh laporan itu.

Hagia Sophia ialah salah satu tujuan wisata utama di Turki untuk pengunjung domestik dan asing. Pada 1985, selama menjadi museum, Hagia Sophia masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Bangunan bersejarah itu berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun sampai penaklukan Istanbul, dan berubah fungsi menjadi masjid dari tahun 1453 hingga 1934, hampir 500 tahun. Hagia Sophia diubah menjadi museum oleh Mustafa Kemal Ataturk selama 86 tahun.

Pada 10 Juli, pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yg mengubah Hagia Sophia menjadi museum. Keputusan itu membuka jalan untuk digunakan kembali sebagai masjid setelah jeda 86 tahun.

 

Di era baru Hagia Sophia, Direktorat Urusan Agama Turki (Daniyet) mau mengawasi layanan keagamaan di masjid. Sementara Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata mau mengawasi pekerjaan restorasi dan konservasi.

Sebagai warisan arsitektur , Hagia Sophia juga mau terbuka untuk wisatawan domestik dan asing secara gratis. Waktu untuk pengunjung bebas di luar waktu salat.

(FER)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangPresiden Turki Luncurkan Papan Nama di Gerbang Utama Hagia Sophia . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.