Membahas tentangRawat Sedari Muda, 6 Cara Ini Membangun Tulang Sehat

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangRawat Sedari Muda, 6 Cara Ini Membangun Tulang Sehat,

Oase.id – Membangun kesehatan tulang sejak dini sangat diperlukan untuk mencegah penyakit pada tulang di masa depan. Salah satu penyakit yg sering menghantui ialah pengeroposan tulang.

Mineral yg dikonsumsi selama masa kanak-kanak, remaja hingga dewasa sangat membantu mengoptimalkan kesehatan tulang. Namun, seiring bertambahnya usia perlu adanya nutrisi lebih untuk membangun tulang yg kuat.

Dilansir healthline.com, berikut cara untuk membangun tulang yg sehat dan kuat:

1. Memperbanyak makan sayur

Sayuran sangat bagus untuk tulang terutama pada masa pertumbuhan. Sumber vitamin c yg terkandung dalam sayuran mau merangsang produksi pembentuk tulang. Salah satu penelitian The Roles and Mechanisms of Actions of Vitamin C in Bone: New Developments menunjukkan bahwa efek antioksidan dan vitamin C mampu melindungi sel-sel tulang dari kerusakan.

Selain itu, kandungan mineral dalam sayur juga berkaitan dgn kepadatan tulang. Hal ini perlu diperhatikan sebab osteopenia (massa tulang rendah) dan osteoporosis (tulang rapuh) merupakan tanda bahwa kepadatan tulang rendah.

2. Latihan kekuatan dan beban

Beberapa olahraga ternyata dapat membantu membangun dan mempertahankan tulang. Salah satu jenis aktivitas terbaik untuk kesehatan tulang ialah latihan angkat beban atau high-impact, yg mendorong pembentukan tulang baru. Selain itu, aktivitas ini dapat sangat bermanfaat untuk mencegah keropos tulang pada orang dewasa yg lebih tua.

3. Konsumsi protein

Faktanya, sekitar 50% tulang terbuat dari protein. Studi Low protein intake: the impact on calcium and bone homeostasis in humans menjelaskan bahwa asupan protein yg rendah mampu menurunkan penyerapan kalsium dan juga dapat mempengaruhi tingkat pembentukan dan kerusakan tulang. Selain itu, protein juga mampu melindungi kesehatan tulang selama penuaan.

4. Makanan tinggi kalsium sepanjang hari

Kalsium ialah mineral terpenting untuk kesehatan tulang, dan merupakan mineral utama yg ditemukan di tulang. Karena sel-sel tulang tua terus-menerus dipecah dan diganti dgn yg baru, penting untuk mengonsumsi kalsium setiap hari untuk melindungi struktur dan kekuatan tulang.

Menurut The role of calcium in human aging, asupan gizi harian untuk kalsium ialah 1.000 mg per hari untuk kebanyakan orang, dan pada remaja 1.300 mg dan wanita dewasa 1.200 mg.

5. Hindari diet rendah kalori

Menurunkan kalori terlalu rendah bukanlah ide yg baik. Selain memperlambat metabolisme, menciptakan rasa lapar kembali dan menyebabkan hilangnya massa otot, itu juga dapat berbahaya bagi kesehatan tulang.

6. Pertahankan berat badan yg ideal dan sehat

Selain makan makanan bergizi, menjaga berat badan yg ideal dapat membantu mendukung kesehatan tulang. Hal ini kan mengurangi risiko penyakit osteopenia dan osteoporosis. Sebuah penelitian pada 2016, menunjukkan bahwa obesitas dapat merusak kualitas tulang dan meningkatkan risiko patah tulang sebab  kelebihan berat badan. 

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangRawat Sedari Muda, 6 Cara Ini Membangun Tulang Sehat . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.