Membahas tentangSeduhan Serai Dipercaya Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Begini Cara Menyabilannya

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangSeduhan Serai Dipercaya Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Begini Cara Menyabilannya,

Oase.id- Serai, juga disebut sereh, ialah tanaman tinggi atau tangkai. Serai memiliki aroma segar, mirip lemon yg berpadu dgn jeruk hanya dgn sengatan bau lebih tajam. 

Serai banyak dijadikan sebagai salah satu penyedap masakan bagi masyarakat Indonesia. Jika diolah lebih lanjut, serai juga dapat dijadikan minyak esensial yg dapat dipakai sebagai aroma terapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan mengangkat suasana hati lebih baik.

Tidak hanya berhenti di sana, serai juga ternyata memiliki kandungan yg berfungsi meningkatkan sistem imunitas tubuh. Salah satu cara paling populer untuk menikmati serai ialah dgn diramu menjadi semacam seduhan teh, atau biasa juga disebut wedang serai.

Baca: Bikin dan Sebar Meme Edukatif Tentang Korona, Yuk!

 

Berikut manfaat dan cara menybilannya;

 

Manfaat, dari antioksidan sampai antikanker

Serai memiliki sifat antioksidan. Menurut sebuah penelitian Free Radical Scavengers and Antioxidants from Lemongrass (2005), serai mengandung antioksidan yg membantu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yg dapat menyebabkan penyakit. 

Antioksidan yg perlu diperhatikan dalam serai ialah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin yg membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner Anda.

 

Teh sereh juga dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifat antimikroba. Menurut Studi Vitro (2012) yg diterbitkan The National Institutes of Health, minyak atsiri sereh memiliki kemampuan antimikroba terhadap bakteri streptococcus mutans. Yakni, bakteri yg paling bertanggung jawab atas perlindungan gigi. 

Penelitian selanjutnya menemukan minyak serai dan ion perak dapat bekerja bersama melawan beberapa jenis bakteri dan jamur.

Baca: Bekerja atau Sekolah dari Rumah? Ikuti 3 Langkah Ini supaya Tetap Produktif

 

Serai juga memiliki kemampuan antikanker yg kuat terhadap beberapa sel sel perusak jaringan yg masuk ke dalam tubuh. Beberapa komponen dalam serai membantu melawan kanker untuk menyebabkan kematian sel langsung atau meningkatkan sistem kekebalan yg menjadikan tubuh lebih kuat melawan kanker dgn sendirinya.

Teh sereh juga terkadang digunakan untuk terapi tambahan selama kemoterapi dan radiasi. Akan tetapi, fungsi ini harus dilakukan tetap di bawah bimbingan ahli onkologi.

Saran penyajian

Bahan-bahan:
– Gula merah
– Jahe
– Daun jeruk
– Kayu manis
– Daun pandan
– Air
– Serai

Cara membuat:
– Geprek jahe dan serai
– Rebus semua bahan sampai berwarna kecokelatan dan harum semerbak
– Saring, lalu dapat diminum hangat/dmau

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangSeduhan Serai Dipercaya Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Begini Cara Menyabilannya . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.