Membahas tentangSelain Bersuci, Berikut 5 Manfaat Lain dari Berwudhu

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangSelain Bersuci, Berikut 5 Manfaat Lain dari Berwudhu,

Oase.id – Berwudhu merupakan salah satu cara umat Muslim untuk menghilangkan hadas kecil dan wudhu juga menjadi syarat seseorang untuk melaksanakan ibadah seperti, salat, membaca Al-Quran dan menyentuh Al-Quran.

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Maidah Ayat 6,

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا قُمۡتُمۡ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغۡسِلُوۡا وُجُوۡهَكُمۡ وَاَيۡدِيَكُمۡ اِلَى الۡمَرَافِقِ وَامۡسَحُوۡا بِرُءُوۡسِكُمۡ وَاَرۡجُلَكُمۡ اِلَى الۡـكَعۡبَيۡنِ‌ ………”

“Wahai orang-orang yg beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki……..”

Dilansir dari parhlo.com, banyak ilmuwan yg menyatakan bahwa berwudhu bukan hanya pola menyucikan bagian tubuh. Namun, mampu memberikan perlindungan bagi mereka yg berwudhu.

Berikut 5 manfaat yg diperoleh dari berwudhu:

1. Menyegarkan tubuh

Rasulullah ï·º menganjurkan umatnya untuk berwudhu sebelum tidur. Hal ini ternyata berkaitan dgn kualitas tidur, seorang ahli kesehatan menyarakan untuk mencuci tangan, lengan, mata, kaki, mulut dan alat kelamin sebelum tidur dgn air dmau supaya tidur menjadi lebih nyenyak.

2. Sebagai terapi refleks

Wudhu merangsang ritme biologis tubuh dan khususnya Olahraga Aktif Biologis (BAS) yg mirip dgn beberapa terapi refleks kesehatan. Seperti, refleks pada pijat-hidro BAS yg merupakan metode refleks yg menggunakan air dalam bak sebagai medianya.

3. Mencuci hidung dan mulut mencegah dari penyakit

Setelah pemeriksaan mikroskopis, dipastikan bahwa hidung orang yg tak berwudhu terkena sejumlah besar mikroba berbahaya yg dapat menyebabkan banyak penyakit. Selain mencuci hidung, mencuci mulut juga mampu mencegah penyakit sebab saat seseorang berkumur mau hilang pula partikel makanan dan bakteri dari mulut.

Menurut sebuah penelitian Clinical Microbiology Review Journal dgn nama ‘Systemic Diseases Caused by Oral Infection’, telah menemukan hubungan langsung antara kurangnya kebersihan mulut dan penyakit sistemik.

4. Mencuci tungkai mengaktifkan sirkulasi darah

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa sirkulasi darah di tungkai dan lengan lebih lemah sebab jauh dari pusat jantung pemompa darah. Oleh sebab itu, mencuci bagian tersebut dapat mengaktifkan sirkulasi darah di daerah-daerah terpencil di tubuh, membuat seseorang lebih bertenaga.

5. Mencuci tangan mencegah dari pneumonia

Pneumonia merupakan infeksi yg menyerang salah satu atau kedua paru-paru, sehingga menyebabkan kantong udara di paru tersebut meradang dan membengkak. Sebuah penelitian yg dilakukan di Pakistan menemukan bahwa lebih dari 50% infeksi terkait pneumonia pada anak di bawah usia 5 tahun dapat dicegah dgn mencuci tangan dgn sabun. Oleh sebab itu, mencuci tangan juga mengurangi infeksi pernapasan dgn menghilangkan patogen infeksius yg ditemukan di tangan.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangSelain Bersuci, Berikut 5 Manfaat Lain dari Berwudhu . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.