Membahas tentangSelain Mmauan, 5 Tips Ini Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangSelain Mmauan, 5 Tips Ini Membantu Menjaga Kesehatan Mata,

Oase.id – Makanan tertentu mampu membantu menjaga kesehatan mata, terutama bila rutin mengonsumsi wortel. Sayuran ini dipercaya mampu merawat kesehatan mata sebab mengandung vitamin A yg baik untuk mata.

Namun, selain mengonsumsi makanan, ada beberapa hal penting yg perlu dilakukan untuk mendukung kesehatan mata. Dilansir dari berkeleyeye.com, berikut ialah beberapa hal sederhana yg dapat kita lakukan untuk membantu melindungi mata:

1. Mempertahankan gaya hidup sehat

Gaya hidup yg sehat sangat berdampak pada kesehatan dan cara paling efektif untuk menjaga kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya nutrisi seperti lutein, zeaxanthin, seng, asam lemak omega-3 dan vitamin A, C dan E memainkan peran besar dalam mencegah masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

2. Tidak merokok

Selain mau mengakibatkan penyakit jantung dan paru-paru, merokok juga dapat meningkatkan risiko kerusakan saraf optik, mempercepat degenerasi makula, dan katarak. Masalah lain yg mau ditimbulkan dari merokok antara lain:

  • Mata kering: Mata lebih cenderung terasa gatal, perih dan terbakar bila merokok dgn mata kering.
  • Retinopati diabetik: Jika seseorang menderita diabetes dan merokok, memiliki peningkatan risiko terkena retinopati diabetik, yaitu kerusakan pada pembuluh darah di mata.
  • Uveitis: Merokok dapat menyebabkan penyakit ini, yg menyebabkan uvea – lapisan tengah dinding mata – menjadi meradang, merah dan nyeri.

3. Pemeriksaan secara teratur

Dengan memeriksakan mata secara teratur mampu mengidentifikasi penyakit mata lebih awal, seperti tanda-tanda cedera, penyakit, atau kelainan. Periksakan mata sesuai dgn usia dan kesehatan, namun dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata setiap 1-2 tahun.

4. Kacamata

Jika sedang di luar ruangan pastikan untuk selalu menggunakan kacamata, hal ini mampu membantu melindungi mata dari sinar ultraviolet yg dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Kacamata yg mampu menghalangi 99% hingga 100% sinar UVA dan UVB dapat menjadi pilihan terbaik. Paparan radiasi UV yg berlebihan dapat meningkatkan peluang terkena katarak dan degenerasi makula.

5. Mengistirahatkan mata

Menatap layar komputer atau ponsel dalam waktu yg cukup lama dapat membuat mata menjadi perih dan kelelahan. Biasanya hal ini ditandai dgn mata kering, sakit kepala, penglihatan kabur, hingga nyeri pada leher, punggung, dan bahu.

Salah satu cara untuk mengatasinya mata kering akibat menatap layar ialah dgn berkedip sebanyak 20 kali per-menit. Berkedip mau menyebarkan air mata ke bagian depan mata dan membuat mata tetap lembab. Atau dapat dgn lainnya, saat menggunakan layar komputer selama 15 -20 menit segeralah untuk mengalihkan pandangan dari layar dan fokus ke area yg jauhnya 20 kaki selama 20 detik. Teknik ini mampu mencegah kelelahan dan ketegangan pada mata.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangSelain Mmauan, 5 Tips Ini Membantu Menjaga Kesehatan Mata . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.