Membahas tentangTerpaksa Keluar Rumah di Tengah Ancaman Korona? Baca Doa Ini supaya Diberi Keselamatan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangTerpaksa Keluar Rumah di Tengah Ancaman Korona? Baca Doa Ini supaya Diberi Keselamatan,

Oase.id- Seiring persebaran virus korona yg makin masif, Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap berada di rumah selama 14 hari. Beberapa institusi pendidikan hingga perkantoran pun mulai menerapkan belajar dan bekerja dari rumah, melalui jarak jauh, dan memaksimalkan fungsi teknologi.

Meskipun begitu, terkadang tetap saja ada kebutuhan mendesak untuk keluar rumah demi keperluan yg dianggap penting dan genting. Jika memang demikian, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan menjaga jarak aman dgn orang-orang.

Selain berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga diri, jangan lupa berdoa dan bertawakal kepada Allah Swt.

Saat keluar rumah, hendaknya membaca;

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

 

Bismillahi tawakkaltu 'alaallahi laa haula wa laa quwwata illa billah 

“Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tak ada daya dan kekuatan kecuali dgn izin Allah.”

 

Kemudian dilanjutkan dgn membaca:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ نَزِلَّ، أَوْ نَضِلَّ، أَوْ نَظْلِمَ، أَوْ نُظْلَمَ، أَوْ نَجْهَلَ، أَوْ يُجْهَلَ عَلَيْنَا

Allahumma inni a'udzubika min an nazilla aw na dlilla aw nazhlima aw nuzhlama aw najhala aw yujhala 'alaina 

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu bila kami mau tergelincir, tersesat, menzalimi, dizalimi, tak tahu, atau dibodohi.”

Doa ini, sebagaimana dianjurkan Rasulullah Muhammad Saw merujuk hadis yg diceritakan Ummu Salamah, “Apabila Nabi Saw keluar dari rumahnya, beliau membaca, 'Bismillahi tawakaltu 'ala allahi. Allahumma inni a'udzubika min an nazilla aw na dlilla aw nazhlima aw nuzhlama aw najhala aw yujhala 'alaina.” (HR. Tirmidzi)

 

Baca: Doa ketika Terserang Demam Tinggi

 

Dengan membaca doa ini, maka Allah Swt mau senantiasa memberikan perlindungan, sebagaimana sabda Rasulullah Saw;

“Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu mengucapkan Bismillahi tawakkaltu 'alaallahi laa haula wa laa quwwata illa billah, maka pada saat itu mau dikatakan kepadanya, 'Kamu telah mendapat petunjuk, telah diberi kecukupan dan mendapat penjagaan', hingga setan-setan menjauh darinya. Lalu setan yg lainnya berkata, ‘Bagaimana (engkau mau mengoda) seseorang yg telah mendapat petunjuk, kecukupan, dan penjagaan.’ (HR Tirmidzi)

 

Baca: 5 Orang yg Doanya Mustajab

 

Berdoa, selain sebagai bentuk permohonan perlindungan, doa  juga merupakan upaya dan penanda makhuk untuk bertawakal kepada Allah Swt. Karena usaha, doa, dan tawakal ialah trilogi yg tak dapat dipisahkan. 

 

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar Al-Muntakhabatu min Kalaami Sayyidi Al-Abraar atau Al-Adzkaar An-Nawawiyah karya Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangTerpaksa Keluar Rumah di Tengah Ancaman Korona? Baca Doa Ini supaya Diberi Keselamatan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.