Membahas tentangTetap Sehat di Tengah Pandemi, Berikut 5 Mmauan dgn Gizi Paling Padat

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangTetap Sehat di Tengah Pandemi, Berikut 5 Mmauan dgn Gizi Paling Padat,

Oase.id – Saat pandemi Covid-19 sangat diperlukan nutrisi yg baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain nutrisi yg baik, mengatur jumlah yg masuk kepada tubuh juga penting supaya tak menimbulkan peningkatan berat badan sebab kurangnya berolahraga saat di rumah saja.

Mengonsumsi makanan yg bergizi baik juga tertulis dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 168;

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوۡا مِمَّا فِى الۡاَرۡضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖ وَّلَا تَتَّبِعُوۡا خُطُوٰتِ الشَّيۡطٰنِؕ اِنَّهٗ لَـكُمۡ عَدُوٌّ مُّبِيۡنٌ

“Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yg halal dan baik yg terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yg nyata bagimu.”

Cara terbaik untuk tetap sehat dgn makan makanan yg bergizi dan takaran yg sesuai dgn kebutuhan harian. Dilansir dari healthline.com, referensi 5 makanan paling padat gizi;

1. Salmon

embed

Ikan salmon terbukti mengandung lebih banyak jumlah asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh supaya lebih sehat dan risiko lebih rendah mengalami penyakit serius.

Dalam 100 gram salmon mengandung 2,8 gram omega-3, banyak protein hewani berkualitas tinggi dan banyak vitamin dan mineral, termasuk sejumlah besar magnesium, kalium, selenium, dan vitamin B. Dianjurkan untuk mengonsumsi ikan salmon setaknya sekali atau dua kali dalam seminggu untuk memenuhi kebutuhan omega-3 pada tubuh.

Studi 2016 menunjukkan bahwa orang yg mengonsumsi ikan berlemak secara teratur memiliki risiko penyakit jantung, demensia, depresi, dan banyak penyakit umum lainnya yg lebih rendah.

2. Kentang

Dalam satu kentang ukuran besar mengandung  potasium, magnesium, besi, tembaga, dan mangan yg tinggi. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C dan B yg cukup. Kentang juga merupakan salah satu makanan yg paling mengenygkan, rasa kenyg dari kentang lebih dirasakan dibandingkan makanan lainnya.

Kentang yg telah dimasak mau membentuk pati resisten atau zat seperti serat yg banyak memberikan manfaat bagi kesehatan.

3. Bawang putih

embed

Bumbu dapur yg tak hanya dapat mengubah segala macam hindangan menjadi lezat, tetapi juga sangat bergizi. Bawang putih mengandung tinggi vitamin C, B1, B6, kalsium, kalium, tembaga, mangan, selenium dan juga senyawa seperti allicin.

Banyak penelitian yg menunjukkan bahwa allicin dalam bawang putih dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol LDL total dan “jahat”. Ini juga meningkatkan kolesterol HDL “baik”, berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, bawang putih mentah juga mengandung sifat antibakteri dan antijamur yg signifikan.

4. Rumput laut

Ada ribuan spesies tanaman yg berbeda di lautan dan beberapa diantaranya sangat bergizi. Salah satunya ialah rumput laut. Dalam rumput laut, sangat tinggi mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium dan mangan.

Selain itu, rumput laut juga memiliki antioksidan dgn kapasitas anti-inflamasi yg kuat. Kandungan yodium pada rumput laut juga tinggi, hingga mampu memenuhi kebutuhan yodium pada tubuh walaupun hanya dikonsumsi beberapa kali dalam sebulan.

5. Blueberry

embed

Buah yg termasuk dalam keluarga beri, memiliki kandungan nutrisi yg istimewa. Buah blueberry mengandung zat antioksidan tinggi yg dikaitkan dgn manfaat perlindungan pada otak dan meningkatkan kemampuan memori pada orang dewasa dgn usia lanjut.

Selain itu, pada penelitian The effect of wild blueberry (Vaccinium angustifolium) consumption on postprandial serum antioxidant status in human subjects menunjukkan bahwa blueberry meningkatkan nilai antioksidan pada darah.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangTetap Sehat di Tengah Pandemi, Berikut 5 Mmauan dgn Gizi Paling Padat . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.