Membahas tentangTidak Sembarangan, Ini 10 Adab Berdoa yg Perlu Kamu Perhatikan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangTidak Sembarangan, Ini 10 Adab Berdoa yg Perlu Kamu Perhatikan,

Oase.id- Setiap insan tentu tak lepas dari harapan dan kemauan. Oleh sebab itu, Allah Swt memerintahkan ciptaan-Nya untuk berdoa, memohon dan hanya berharap pada-Nya. Allah Swt bahkan berfirman:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya mau Kuperkenankan bagimu.” (QS. Al-Mukmin:60)

Allah Swt memang berjanji mau mengabulkan doa hamba-hambanya. Namun saat berdoa, ada syarat-syarat dan adab tertentu yg harus diperhatikan. 

Jika meminta pada manusia saja kita tak dapat sembarangan, memohon kepada Allah Swt tentu harus lebih hormat dan penuh adab.  

Al-Imam Abu Hamid Al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menyatakan 10 adab berdoa, yaitu;

1. Mengincar waktu-waktu mulia, seperti hari Arafah, bulan Ramadan, hari Jumat, sepertiga malam terakhir, waktu sahur, dan sebagainya.

2. Memanfaatkan kesempatan dalam keadaan dan posisi terbaik, misalnya saat bersujud, ketika turun hujan, antara azan, iqamat, dan lain-lain.

3. Menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan, dan mengusap wajah dgn kedua tangan setelah selesai berdoa.

4. Melembutkan suara.

Baca: 5 Orang yg Doanya Mustajab

 

5. Tidak perlu bergantung pada sajak, maksudnya tak berlebihan saat berdoa. 

6. Merendahkan diri, khusyuk, dan penuh harap. 

Allah Swt berfirman:
“Berdoalah kepada Tuhanmu dgn berendah diri dan suara yg lembut. Sesungguhnya Allah tak menyukai orang-orang yg melampaui batas”. (QS. Al-A’raf: 55)

7. Memantapkan hati dalam berdoa dan yakin bahwa doa itu mau dikabulkan. 

Nabi Muhammad Saw menyatakan dalam hadis qudsi, Allah Swt berkata;

“Aku berada dalam prasangka hamba-Ku, dan Aku selalu bersamanya bila ia mengingat-Ku, bila ia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku mengingatnya dalam diri-Ku, dan bila ia mengingat-Ku dalam perkumpulan, maka Aku mengingatnya dalam perkumpulan yg lebih baik ketimbang mereka, bila ia mendekatkan diri kepada-Ku sejengkal, maka Aku mendekatkan diri kepadanya sehasta, dan bila ia mendekatkan diri kepada-Ku sehasta, Aku mendekatkan diri kepadanya sedepa, bila ia mendatangi-Ku dalam keadaan berjalan, maka Aku mendatanginya dalam keadaan berlari.” (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Mengulang doa hingga tiga kali dan tak tergesa-gesa minta dikabulkan. 
Allah Swt berfirman:

“Maka Kami memperkenankan doanya, dan Kami anugerahkan kepadanya Yahya dan Kami jadikan isterinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka ialah orang-orang yg selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yg baik dan mereka berdoa kepada Kami dgn harap dan cemas. Dan mereka ialah orang-orang yg khusyuk kepada Kami. (QS. Al-Anbiya: 90)

Nabi Zakariya dikenal sebagai utusan Allah yg diuji dgn cara tak diberi keturunan dalam jangka waktu lama. Berpuluh-puluh tahun berdoa memohon keturunan, namun Allah Swt belum kunjung mengabulkan. Di usia renta, barulah Allah Swt memberikannya keturunan.

9. Membuka doa dgn berzikir kepada Allah. Imam Nawawi menambahkan, juga bersalawat dan pujian kepada Nabi Muhamad, kemudian mengakhiri doa dgn hal yg sama.

Baca: 3 Qul, Amalan Nabi yg dapat Hilangkan Rasa Takut dan Cemas

 

10. Bertaubat dan meninggalkan kezaliman, Imam Nawawi menyatakan bahwa point ini merupakan yg paling penting dan harus diperhatikan. Hendaknya seorang Muslim berdoa dalam keadaan suci hati dan diri, juga meninggalkan makanan, minuman dan barang-barang haram.

Di samping berdoa, manusia juga diwajibkan untuk berusaha dan berikhtiar. Setelah itu, barulah bertawakal kepada Allah Swt. Karena Allah lah yg paling mengetahui perkara dan waktu yg terbaik untuk hamba-Nya. 

 

Sumber: Diringkas dari keterangan dalam Ihya Ulumiddin karya Al-Imam Abu Hamid Al- Ghazali, dan keterangan dalam Al-Adzkar an-Nawawiyah karya Imam Nawawi.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangTidak Sembarangan, Ini 10 Adab Berdoa yg Perlu Kamu Perhatikan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.