Membahas tentangTips Unik! Ini Cara Membekukan Buah-buahan supaya Tidak Busuk sampai Setahun

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangTips Unik! Ini Cara Membekukan Buah-buahan supaya Tidak Busuk sampai Setahun,

Oase.id – Buah-buahan menjadi asupan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Saygnya, keumuman buah tak dapat bertahan lama. Kesegaran, tekstur, aroma, dan kandungannya mau mudah berubah alias membusuk dalam hitungan beberapa hari saja.  

Akan tetapi, ada beberapa cara unik supaya buah dgn jenis tertentu mampu bertahan dalam waktu lama. Dikutip dari Farmflavor.com, berikut ialah trik untuk mempertahankan buah dari kebusukan, tak tanggung-tanggung, bahkan sampai 12 bulan lamanya. 

Baca: Tips Menjaga Makanan biar Awet Selama PSBB

 

Beri

Segala jenis buah yg termasuk dalam golongan beri, seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry hanya berbuah setahun sekali. 

Oleh sebab rentang musim panen yg lama ini, para petani telah terbiasa melakukan pembekuan supaya buah-buah tersebut dapat bertahan hingga masa yg lama.  

Caranya ialah dgn membilas beri dgn hati-hati menggubakan saringan dan membersihkannya dari tangkai atau daun yg masih menempel. Setelah itu, tiriskan dan tempatkan di atas tisu dan biarkan kering.

Setelah kering, letakkan beri di wadah sejenis loyg yg telah dilapisi dgn kertas roti. Jika telah mengeras, pindahkan ke plastik yg telah berlabel tanggal.

Masa tahan buah beri dgn teknik pembekuan seperti ini dapat sampai 3 bulan.

Persik dan plum

Jangan biarkan buah persik dan plum terbuang sia-sia. Bekukan dua buah ini dgn cara mencucinya dgn air dmau, lalu potong menjadi 6 bagian per 1 buah. 

Susun irisan buah di atas loyg yg telah di lapisi kertas roti kemudian bekukan di atas loyg, setaknya selama 4 jam atau semalam.

Setelah melewati proses pembekuan, pindahkan buah ke dalam plastik yg diberi label tanggal kedaluarsa kemudian kembali disimpan dalam lemari pendmau. 

Metode pembekuan seperti ini terbukti mampu menjadikan tekstur dan kesegaran persik dan plum bertahan hingga setahun. 

Apel

Pembekuan apel supaya tahan lama tak disarankan dgn cara membiarkannya secara utuh. Akan tetapi, lebih baik mengawetkannya dalam bentuk mentega apel, selai, jeli, pai apel, atau olahan makanan panggang lainnya. 

Pertama-tama, kupas dan iris apel lalu siram dgn jus lemon.

Susun irisan apel di atas loyg yg dilapisi kertas dan dibekukan selama setaknya 4 jam atau semalam.

Setelah itu, pindahkan irisan apel beku ke tas atau wadah yg aman untuk freezer. Bekukan apel hingga 6 bulan. 

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangTips Unik! Ini Cara Membekukan Buah-buahan supaya Tidak Busuk sampai Setahun . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.