Membahas tentangWarisan Kesehatan Rasulullah SAW, Berikut Manfaat Bekam Bagi Tubuh

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangWarisan Kesehatan Rasulullah SAW, Berikut Manfaat Bekam Bagi Tubuh,

Oase.id – Metode kesehatan Nabi Muhammad ï·º yg masih eksis sampai sekarang salah satunya ialah bekam. Bekam atau dalam bahasa Arab الحجامة disebut al-hijamah, cara kerja bekam dgn pemvakuman di kulit dan mengeluarkan darah kotor dari dalam kulit.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib berkata: ''Jibril datang kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam dgn perintah berbekam pada titik al-akhdain (urat leher) dan al-kahil (pundak),'' (Ad-Dailami).

Selain itu, Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yg kalian pergunakan ialah hijamah (bekam).” (Muttafaq ‘alaihi, Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim)

Dari beberapa hadis yg yg menjelaskan tentang bekam, berikut beberapa manfaat bekam yg dirasakan oleh tubuh :

1. Mengurangi kecemasan

Dilansir dari resolution.health, gerakan menggeser cup bekam membuat sistem saraf parasimpatis berfungsi. Hal ini mau berfungsi mendorong relaksasi yg bergerak ke seluruh tubuh, selain itu Sistem saraf parasimpatis juga bertanggung jawab untuk memperlambat detak jantung, membantu pencernaan, dan meningkatkan aktivitas usus dan kelenjar.

2. Menghilangkan penumpukan cairan dan mengobati asma

Penumpukan caitan atau dahak pada paru-paru yg disebabkan oleh pilek, bronkitis, atau bahkan asma dapat diobati dgn bekam. Proses bekam mampu melancarkan sumbatan dan membawa darah dan getah bening yg kaya dgn oksigen ke paru paru.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit dapat terlihat dari apa yg terjadi dalam tubuh. Bekam mampu meningkatkan aliran darah pada kulit dan meningkatkan suplai oksigen juga nutrisi penting yg dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Hal ini juga membantu dalam mengurangi kambuhnya jerawat dan penyakit kulit lainnya seperti eksim, selulit, dan lain lain.

4. Pereda rasa nyeri

Bekam dapat meredakan nyeri akibat radang sendi, nyeri punggung bawah. Bentuk nyeri lain yg dapat diobati secara efektif dgn bekam termasuk sakit kepala, migrain, sakit gigi, nyeri otot, linu panggul. Bekam meningkatkan sirkulasi darah dan mobilitas, oleh sebab itu merupakan pengobatan yg efektif untuk kondisi seperti rematik, sakit pinggang, leher kaku dan bahu.

5. Mengatasi masalah pencernaan

Bekam membantu meringankan masalah pencernaan yg disebabkan sebab stres kronis, kekurangan gizi atau respon sistem kekebalan tubuh.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangWarisan Kesehatan Rasulullah SAW, Berikut Manfaat Bekam Bagi Tubuh . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.