Membahas tentangYuk Baca, Ini Surah-surah yg Ditakuti oleh Setan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangYuk Baca, Ini Surah-surah yg Ditakuti oleh Setan,

Oase.id– Sebagai umat muslim, telah sewajarnya dan bahkan menjadi kewajiban bagi kita untuk dapat membaca Al-Quran dan memahami isinya. Selain menjadi tuntunan hidup, membaca surah-surah dalam Al-Quran juga dapat menghindarkan kita dari godaan setan. 

Merangkum dari berbagai sumber, berikut surah-surah dalam Al-Quran yg ditakuti oleh setan:

1. Al Fatihah
Surah Al-Fatihah ialah surah pertama dalam Al-Quran. Surah ini tergolong surah Makiyah sebab diturunkan di Makkah. Al-Fatihah merupakan surah yg pertama-tama diturunkan secara lengkap di antara surah-surah yg ada dalam Al-Quran. Surah ini juga sering dibacakan sebagai pembuka segala hal kebaikan.

Selain itu, surah ini juga selalu dibacakan dalam salat. Karena itulah jin dan setan membenci surat Al-Fatihah. Sebagaimana yg dapat dilihat dalam surah Al-Fatihah ayat terakhir yg memiliki arti:

“Tunjukilah kami jalan yg lurus, (yaitu) jalan orang-orang yg telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yg dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yg sesat.”

2. Al Baqarah
Berdasarkan sabda Rasulullah ï·º pada hadis riwayat Muslim, yg berbunyi:

لا تجعلوا بيوتكم قبوراً، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

Artinya: “Janganlah membuat rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan mau lari dari rumah yg dibacakan di dalamnya surah Al-Baqarah.” (HR Muslim)

Hadis di atas menjelaskan bahwa setan sangat takut bila dibacakan surah Al-Baqarah. Maka sebagai umat muslim hendaklah senantiasa membuat rumah selalu bercahaya dgn lantunan ayat suci Al-Quran. Karena dgn itu setan tak mau mendekat atau masuk dan bertempat tinggal di rumah kita.

3. Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas
Tiga surat ini merupakan surat pendek dalam Al-Quran yg sangat mudah dalam menghafalnya. Sehingga tak sedikit yg dapat membacakannya di luar kepala. Ketiga surah ini sering disebut dgn Surat Muawwidzatain. Surah Al-Mu’awwidzat memiliki kedudukan yg tinggi di antara surah-surah lainnya.

Sabda Rasulullah ï·º dalam hadis rmawat ath-Tirmidzi yg memiliki arti:

“Katakanlah ‘qulhuwallahu ahad (Al-Ikhlas) dan al-mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Nas) ketika engkau berada di sore dan pagi hari sebanyak tiga kali. Maka itu cukup melindungimu dari segala hal.”

Selain itu, surah-surah ini dapat melindungi manusia dari kejahatan manusia dan jin. Karena surat ini dipercayai dapat menjadi penangkal sihir dan santet.

4. Ayat Kursi
Terakhir ayat kursi, yg merupakan bagian dari surah Al-Baqarah. Yang mana surah Al-Baqarah merupakan salah satu surah yg ditakuti oleh setan. Setan tak hanya takut, melainkan bila mendengar ayat ini setan dan jin mau terbakar. Oleh sebab itu, ayat kursi dianjurkan untuk dibaca setiap selesai salat.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangYuk Baca, Ini Surah-surah yg Ditakuti oleh Setan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.