Membangun Hidup yg Berkualitas

Khutbah I

 اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، اَلَّذِى خَلَقَ اْلإِنْسَانَ خَلِيْفَةً فِي اْلأَرْضِ وَالَّذِى جَعَلَ كُلَّ شَيْئٍ إِعْتِبَارًا لِّلْمُتَّقِيْنَ وَجَعَلَ فِى قُلُوْبِ الْمُسْلِمِيْنَ بَهْجَةً وَّسُرُوْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحـْدَهُ لاَشـَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ وَهُوَعَلَى كُلِّ شَيْئ ٍقَدِيْرٌ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَنَبِيَّ بَعْدَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ وَأَفْضلِ اْلأَنْبِيَاءِ وَعَلَى آلِهِ وَأصْحَاِبه اَجْمَعِيْنَ اَمَّا بَعْدُ، فَيَااَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، اِتَّقُوْااللهَ حَقَّ تُقَاتِه وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّوَأَنـْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Jamaah shalat Jum’at a‘zâkumullâh,

Manusia, terutama yg tinggal di kota, sebagian atau bahkan mungkin mayoritas terlalu sibuk. Urusan kita terlalu banyak, meski hampir semuanya mungkin hanya buat kepentingan diri kita sendiri. Berapa lama waktu yg kita habiskan buat mencari nafkah? Berapa jam kita buat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di luar kantor? Berapa buat istirahat dan tidur? Berapa pula buat aktivitas hiburan, misalnya bermain media sosial atau beromong kosong dalam kerumunan orang? Berapa lama buat berbelanja atau bepergian? Rasa-rasanya durasi 24 jam yg dianugerahkan kepada kita tiap hari seolah selalu kurang.

Saking sibuknya, kita bahkan sering tak sempat menghitung, dari sekian waktu yg kita lalui apakah porsi manfaat dan kebaikan lebih banyak atau justru sebaliknya: sia-sia belaka. Hal ini kerap dilatarbelakangi oleh sikap kita yg terlalu tenggelam pada urusan sehari-hari, urusan duniawi. Minimnya waktu buat kontemplasi dan merenungi diri membuat manusia sering lupa bahwa ada kebahagiaan sejati di luar gemerlap aktivitas dan alam bendawi ini.

Allah subhânahu wata‘âlâ berfirman dalam surat Al-Kahfi ayat 46:

الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلا

Artinya, “Harta dan anak keturunan ialah hiasan kehidupan rendah, sedangkan amal lestari yg berkebaikan ialah lebih baik (lebih tinggi nilainya) di sisi Tuhanmu sebagai pahala, dan lebih baik pula sebagai harapan.” (QS. 18: 46)

Dalam surat dan ayat lain disebutkan:

وَمَا أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ بِالَّتِي تُقَرِّبُكُمْ عِنْدَنَا زُلْفَىٰ إِلَّا مَنْ آمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَأُولَٰئِكَ لَهُمْ جَزَاءُ الضِّعْفِ بِمَا عَمِلُوا وَهُمْ فِي الْغُرُفَاتِ آمِنُونَ

Bukanlah harta kekayaanmu, dan bukan pula anak keturunanmu itu yg mau mendekatkan kamu ke sisi Kami (Tuhan) sedekat-dekatnya, kecuali orang yg beriman dan beramal saleh. Maka mereka ini, ada bagi mereka pahala berlipat ganda atas apa yg mereka amalkan, dan mereka mau hidup dalam ruang-ruang (di surga) dgn aman sentosa (QS Saba’ [34]: 37).

Dua ayat tersebut mengungkapkan secara jelas bahwa orientasi “kehidupan rendah” dipertentangkan dgn orientasi kehidupan ketuhanan (rabbânîyah). Kebaikan sejati ternyata bukan pada banyaknya kekayaan dan keturunan, melainkan justru pada kehidupan yg diliputi kesadaran berketuhanan yg ditandai dgn iman amal saleh.

Hal yg dapat ditarik dari keterangan di atas bahwa orientasi kehidupan yg lebih tinggi, yg lebih mendapat ridla Allah ialah yg lebih menitikberatkan segi-segi kualitatif hidup, bukan segi-segi kuantitatifnya. Kekayaan dan anak keturunan seberapa pun banyak dan hebatnya tetap tak mau mengungguli iman dan amal saleh.

Iman dapat kita maknai sebagai kesadaran penuh mau Allah dalam setiap gerak langkah kita. Keyakinan yg tak hanya dibibir melainkan juga termanifestasi dalam setiap tindakan. Melalui iman inilah kita menyingkirkan berhala-berhala yg menyekutukan-Nya. Berhala-berhala tersebut dapat berupa uang, rumah, mobil, pekerjaan, jabatan, prestasi, anak, istri, dan seterusnya. Segala anugerah diyakini datang dari Allah dan semua aktivitas bermuara hanya buat Allah.

Yang kedua ialah amal saleh (‘amal shâlih). Kata shalih berasal dari akar kata shulh yg berarti baik, cocok, pantas, perdamaian. Shâlih dalam bahasa Arab lebih pas  dipakai buat hal-hal yg ada kaitannya dgn orang lain. Dengan bahasa lain, kata ini lebih berorientasi sosial ketimbang individual. Dari kata ini pula muncul kata mashlahat yg bermakna kemaslahatan atau kebaikan bagi publik.

Jamaah shalat Jum’at a‘zâkumullâh,

Ketika Al-Qur’an mengontraskan antara banyaknya harta dan keturunan dgn iman dan amal saleh, terungkap pesan bahwa sesungguhnya yg kuantitatif, yakni berupa kekayaan dan keluarga, tak lebih utama ketimbang kualitas pribadi seorang hamba yg digambarkan dgn kesadaran berketuhanan dan perbuatan baik. Kitab Suci seolah sedang mengajak kita buat tak hanya mempedulikan diri sendiri melainkan juga menebar kemanfaatan kepada yg lain.

Al-Qur’an sering menggambarkan dgn nada miring sikap hidup yg membanggakan harta kekayaan, tapi juga tak pernah memuji kemiskinan dan pola keluarga kecil yg sedikit atau tanpa keturunan. Islam memandang segenap perkara duniawi secara proporsional: menghalalkannya sebagai sarana buat meraih kebahagiaan hakiki, yakni tercapainnya kesadaran penuh mau Allah dalam setiap kesibukan kita dan kebermanfaatan kita buat lingkungan sekitar.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yg Rasulullah sebut sebagai manusia dgn kualitas unggulan (khairunnâs).  Kualitas tersebut tak diukur dari jumlah kekayaan, tingginya kedudukan, atau bergengsinya status sosial dan latar belakang pendidikan. Ia diukur dari kadar kemanfaatannya buat orang lain. “Khairunnâs anfa‘uhum linnâs. Sebaik-baik manusia ialah mereka yg paling bermanfaat bagi manusia lainnya.”

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ

Alif Budi Luhur





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.