PBNU Gandeng Kementerian Desa Ciptakan Masyarakat Mandiri

, JAKARTA – Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said aqil sirodj, M.A. mengatakan bahwa Pondasi keberlangsungan bangsa Indonesia bersumber dari desa. Bukti bahwa Indonesia mampu bertahan dari gempuran krismon 98 menurutnya disebabkan para petani dan pegiat desa memiliki keyakinan yg kuat dalam mengelola desa beserta instrumentnya.

“Artinya kita masih punya capital moral, capital sosial yg sangat kaya, dan punya capital cultural yg sangat kuat sampai hari ini.” Ungkapnya dalam acara Sarasehan Nasional 2019 yg bertajuk “Optimalisasi Sumberdaya Alam Dalam Rangka Mewujudkan Desa Mandiri” di Hotel Acacia Jakarta. Dikutip dari media Nu Online, Rabu, (4/12/2019)

Ia pun mengingatkan buat tak khawatir dgn keberadaan sumber daya alam Indonesia yg masih memiliki nilai tinggi bila dieksplorasi dgn baik. Namun ia tetap menegaskan bahwa perlu adanya dukungan dari pemerintah dalam rangka mengoptimalisasikan berbagai sumber daya alam yg ada di Indonesia. “Tapi dgn syarat kitanya didukung kebijakan-kebijakan yg efektif.” Ujarnya.

KH. Said juga menghimbau para hadirin supaya terus menjaga persatuan. Menurutnya, dgn berpegang kepada semangat Islam Nusantara, hal tersebut juga mampu menjadi acuan dalam meyelamatkan geografi maupun sumber daya alam yg menjadi modal besar bagi keutuhan bumi pertiwi.

“Substansi bangsa Indonesia berangkat dari semangat islam nusantara.” Pungkasnya.

Sependapat dgn apa yg disampaikan Said, ketua LPP -PBNU Amin nasution meyakini bahwa kedepannya desa mau mengalami pertumbuhan yg signifikan. Hal tersebut mengacu pada data yg dikeluarkan oleh badan pusat statistik bahwa sejak tahun 2003 hingga tahun 2018, pertumbuhan desa meningkat hingga 71%.

“Berdasarkan data yg saya sampaikan tadi, tentu pembangunan pedesaan menjadi penting. Manakala pembangunan pedesaan tak dikelola secara baik ini mau menjadi masalah urbanisasi yg mau berdampak kepada seluruh sektor yg ada di pedesaan.

Oleh sebab itu, lanjutnya, manakala optimalisasi sumber daya alam tak ditunjang dgn SDM yg handal, tentu mau jadi persoalan di kemudian hari.

“Untuk itu perlunya pengelolaan dan optimalisasi sumber daya alam harus dirangkai dgn peningkatan SDM dgn peningkatan saran produksi. Sehingga pertanian dan pembangunan ekonomi yg mandiri di pedesaan dapat secara meningkat dan perlahan menjadi baik di masa mendatang.” Tuturnya.

Amin pun memberikan apresiasi kepada berbagai pihak atas terselenggaranya acara tersebut.

“Untuk itulah mengajak kementerian desa buat Bersama-sama pegiat desa dan pegiat pertanian pada hari ini kita berdiskusi dan mengeksplorasi dgn disertai berbagai narsum.” Ujarnya.

Acara yg diinisiasi oleh Lembaga Pengembangan Pertanian PBNU bekerjasama dgn Kementerian Desa ini dihadiri oleh Menteri Desa Abdul Halim Iskandar,Staff Khusus Presiden Aminuddin Ma’ruf, serta Thamrin Ferly dari Kementerian pertahanan.

Baca Juga:  Ingatkan Bahaya Media Sosial, KPID: Sebelum Share Tulisan di Medsos, Saring Dulu!





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.