Membahas tentang Heboh Spirit Doll, Ini Pandangan Islam Soal Boneka

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang Heboh Spirit Doll, Ini Pandangan Islam Soal Boneka,

Jika bercerita tentang boneka, mungkin hal yg biasa. Karena boneka juga menjadi salah satu mainan bagi anak, terutama perempuan. Bahkan tak sedikit juga yg menyukainya, dgn bentuk lucu dan bermacam-macam model. Bisa saja dgn berbentuk hewan, benda, bahkan bentuk manusia pun disediakan.

Nah, belakangan ini media sedang dihebohkan oleh beberapa publik figur yg memiliki “spirit doll” atau “boneka arwah“, dgn rela membeli boneka bayi seharga jutaan rupiah. Ada juga yg meyakini bahwa boneka bayi ini memiliki ruh yg dapat mendatangkan keberuntungan dan menolak kesialan.

Sebagian lagi menganggap boneka ini memiliki rasa sedih, gembira, dan dapat bergerak. Oleh sebab itu, para tuan yg memiliki boneka tersebut memperlakukan layaknya seorang anak yg butuh kasih sayg seperti bayi manusia pada umumnya.

Dari sisi psikologi, bermain boneka ialah salah satu cara buat meningkatkan kreativitas dan melatih jiwa bertanggungjawab. Serta menjadikan boneka sebagai barang kesaygan juga tak masalah, asal masih dalam batas wajar dan tak berlebihan. Karena segala yg berlebihan memiliki kesan kurang baik.

Sebagaimana QS. Al-A`raf ayat 31 berbunyi:

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ ࣖ

Artinya: Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yg bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tak menyukai orang yg berlebih-lebihan.

Dalam ayat di atas, Allah Swt sangat membenci umatnya yg berlaku berlebih-lebihan. Meskipun itu buat dirinya sendiri, seperti makan dan minum. Apalagi terhadap benda mati yg pada akhirnya memiliki kesan syirik kepada-Nya. 

Memiliki boneka berbentuk manusia tak dilarang dalam Islam, selama tak berlebihan. Namun bila memperlakukannya selayaknya manusia ini ialah hal yg meresahkan. Sehingga Ketua Komisi Fatwa MUI, KH Hasanuddin AF mengatakan bahwa merawat spirit doll dgn keyakinan dapat memberikan keberuntungan itu telah tak sesuai dgn akidah Islam.

Keyakinan terhadap selain Allah SWT yg dapat menyebabkan suatu keberuntungan atau sebaliknya seperti kesialan dan kecelakaan ini sikap yg menyimpang dari akidah Islam.

Selain itu, Quraish Shihab yg merupakan cendekiawan muslim juga mengatakan bahwa mempercayai sebuah boneka yg mau mendapatkan manfaat, terlepas dari kehendak Tuhan itu ialah syirik.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang Heboh Spirit Doll, Ini Pandangan Islam Soal Boneka . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.