Membahas tentang Lapar Saat Masuk Waktu Salat, Mana yg Harus Didahulukan?

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang Lapar Saat Masuk Waktu Salat, Mana yg Harus Didahulukan?,

Lapar merupakan hal sangat manusiawi yg dirasakan oleh setiap orang. Bahkan, tak jarang juga kita merasakan lapar bertepatan dgn waktu salat tiba. Kalau telah begini, bagaimana solusi terbaiknya?

Melihat kondisinya, tentunya jawabannya dapat berbeda-beda. Ada yg memilih salat terlebih dahulu, baru kemudian makan dan ada juga sebaliknya.

Dalam konteks ajaran Islam, dua pilihan ini tak ada masalah. Karena ajaran Islam tak pernah memberatkan umatnya dalam beribadah.

Singkat cerita, ada seseorang yg merasakan lapar ketika dikumandangkannya azan. Ketika itu pula makanan telah tersaji. Maka memilih buat makan terlebih dahulu ialah hal yg baik supaya dapat melakukan salat dgn lebih khusyuk.

Sebagaimana dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا قُدِّمَ الْعَشَاءُ فَابْدَءُوا بِهِ قَبْلَ أَنْ تُصَلُّوا صَلاَةَ الْمَغْرِبِ ، وَلاَ تَعْجَلُوا عَنْ عَشَائِكُمْ

Artinya: Apabila makan malam telah tersaji, maka dahulukanlah makan malam tersebut dari salat Magrib. Dan janganlah kalian tergesa-gesa dari makan kalian. (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis lain dari Ibnu Umar juga menyebutkan, sebagai berikut:

وَعَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : { إذَا وُضِعَ عَشَاءُ أَحَدِكُمْ وَأُقِيمَتْ الصَّلَاةُ فَابْدَءُوا بِالْعَشَاءِ وَلَا تَعْجَلْ حَتَّى تَفْرُغَ مِنْهُ } مُتَّفَقٌ عَلَيْهِنَّ وَلِلْبُخَارِيِّ وَأَبِي دَاوُد ” وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ يُوضَعُ لَهُ الطَّعَامُ ، وَتُقَامُ الصَّلَاةُ فَلَا يَأْتِيهَا حَتَّى يَفْرُغَ ، وَإِنَّهُ يَسْمَعُ قِرَاءَةَ الْإِمَامِ ” ).

Artinya: Dari Ibnu Umar berkata: Rasulullah ﷺ bersabda: “Ketika makan sore kalian telah diletakkan dan salat telah diiqomati, maka mulailah dgn makan sore dan janganlah tergesa gesa hingga selesai dari makan sore.”

Dari penjelasan dua hadis di atas sangat jelas bahwa mendahulukan makan ketimbang salat itu hal yg dianjurkan. Karena bila salat dalam keadaan lapar dikhawatirkan mengurangi kekhusyukan dalam salat. 

Terlebih lagi bila makanan telah dihidangkan, tetapi tetap memaksa buat melakukan salat terlebih dahulu. Tidak dapat dipungkiri setan mau senantiasa merusak kekhusyukan salat dgn rasa lapar dan aroma makanan yg pastinya lebih nikmat ketika lapar melanda.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang Lapar Saat Masuk Waktu Salat, Mana yg Harus Didahulukan? . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.