Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumiddin menyebutkan keutamaan Shalawat Nabi. Al-Ghazali mengutip Al-Qur’an dan sejumlah riwayat hadits yg menjelaskan keutamaan dan ganjaran atas pelafalan shalawat nabi.
Pada akhir pembahasan keutamaan shalawat, Al-Ghazali mengutip keutamaan lafal Shalawat Nabi yg ditulis Imam As-Syafi’i pada karya ushul fiqihnya, Kitab Ar-Risalah. Al-Ghazali mengisahkan perjumpaan Abul Hasan dgn Rasulullah saw dalam mimpinya.
وروي عن أبي الØسن قال رأيت النبي صلى الله عليه Ùˆ سلم ÙÙŠ المنام Ùقلت يا رسول الله بم جوزي الشاÙعي عنك Øيث يقول ÙÙŠ كتابه الرسالة وَصَلَّى الله٠عَلَى Ù…ÙØَمَّد٠كÙلَّمَا ذَكَرَه٠الذَّاكÙرÙوْنَ وغَÙÙŽÙ„ÙŽ عَنْ Ø°ÙكْرÙه٠الغَاÙÙÙ„Ùوْنَ Ùقال صلى الله عليه Ùˆ سلم جوزي عني أنه لا يوق٠للØساب
Artinya, “Diriwayatkan dari Abul Hasan, ia bercerita, ia mimpi bertemu Rasulullah saw, ‘Wahai Rasulullah, apa hadiah besar buat As-Syafi’i yg bershalawat dalam Kitab Ar-Risalah-nya, ‘Wa shallÄllahu ‘alÄ Muhammadin kullamÄ dzakarahudz dzÄkirÅ«na, wa ghafala ‘an dzikrihil ghÄfilÅ«na?’ ‘Hadiah besarku buat As-Syafi’i bahwa ia tak mau dihentikan buat hisab nanti,’’†(Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman 391).
Shalawat Nabi yg ditulis oleh Imam As-Syafi’i dalam Kitab Ar-Risalah ialah sebagai berikut:
وَصَلَّى الله٠عَلَى Ù…ÙØَمَّد٠كÙلَّمَا ذَكَرَه٠الذَّاكÙرÙوْنَ وغَÙÙŽÙ„ÙŽ عَنْ Ø°ÙكْرÙه٠الغَاÙÙÙ„Ùوْنَ
Wa shallÄllahu ‘alÄ Muhammadin kullamÄ dzakarahudz dzÄkirÅ«na, wa ghafala ‘an dzikrihil ghÄfilÅ«na.
Artinya, “Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya buat Nabi Muhammad saw sebilangan orang yg mengingat-Nya dan sebilangan orang yg lalai mengingat-Nya.”
Sebenarnya orang menggunakan banyak cara buat bershalawat kepada Nabi. Sebagian orang menggunakan lafal shalawat dan salam dgn fi’il madhi. Sebagian orang lainnya menggunakan fi’il amr. Sejauh masih menggunakan lafal shalawat dan salam, maka itu diperbolehkan buat para nabi dan rasul.
Dengan kata lain, kita boleh membaca shalawat dan salam buat para nabi. Kita tak diperbolehkan buat membaca selain shalawat dan salam.
ولا يجوز الدعاء للنبي صلى الله عليه وسلم بغير الوارد كرØمه الله بل المناسب واللائق ÙÙŠ ØÙ‚ الأنبياء الدعاء بالصلاة والسلام
Artinya, “Tidak boleh mendoakan Nabi Muhammad SAW dgn lafal yg tak warid seperti lafal ‘RahimahullÄhu’. Tetapi lafal yg sesuai dan layak buat para nabi dan rasul ialah lafal shalawat dan salam,†(Lihat Syekh M Nawawi Banten, Kasyifatus Saja, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah], halaman 4).
Dengan kata lain tak ada ketentuan baku perihal shalawat dan salam buat nabi sebab pada prinsipnya shalawat dan salam ialah doa yg dimohon kepada Allah buat Nabi Muhammad saw atau para nabi dan rasul yg lain. Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)
Uncategorized