Banser NU Evakuasi Ribuan Warga & Dirikan Posko Siaga Bencana Banjir di Kawasan Jakarta

– Banjir yg melanda kawasan Jakarta dan sekitarnya menyebabkan ribuan warga hingga ketika ini terpaksa mengungsi.

Banser NU sebagai pasukan inti Gerakan Pemuda Ansor melakukan langkah cepat pada 1 Januari 2020. Dengan mendirikan Posko Siaga dan Pelayanan Masyarakat di Wilayah bencana, yaitu di Lebak, DKI Jakarta, Gunung Puteri Bogor dan Bekasi.

Posko didirikan di lokasi terdampak dan Banser NU langsung melakukan assessment lokasi dan evakuasi pada korban bencana buat mendapatkan bantuan baik logistic, kesehatan maupun pelayanan kemanusiaan yg lain.

“Banser NU bersinergi dgn BNPB dan juga aparat terkait buat penanganan pelayanan publik ini” jelas Dendy Zuhairil Finsa, Sekretaris Wilayah GP Ansor DKI Jakarta. Dikutip dari media Ngopibareng, Kamis (2/1/2020)

Ia yg juga ikut bergabung bersama tim Banser Tanggap Bencana terjun ke lapangan membantu masyarakat terdampak.

Posko yg didirikan GP Ansor ini meliputi pusat informasi dan juga penampungan bantuan dari masyarakat yg mau turut partisipasi membantu korban.

Dengan kolaborasi bersama aparat, Banser NU melakukan proses penyelamatan di titik bencana Ciberang Lebak Provinsi Banten, Kalideres, Cengkareng dan Grogol Petamburan Jakarta Barat, Pulogadung dan Cawang Jakarta Timur, Tanah Abang Jakarta Pusat, Kemang dan Jagakarsa Jakarta Selatan, Villa Nusa Indah di Bogor dan Bekasi, dan juga di Bantaran Ciliwung wilayah Jakarta.

Misi utama ialah melakukan evakuasi dan juga memberikan bantuan langsung pada masyarakat terkait akses dan pengawalan daerah berbahaya. Kemudian juga membagikan bantuan logistik bagi daerah terdampak.

“Evakuasi yg medannya berat dilakukan dgn perahu karet, seperti di wilayah Jakarta Barat, Selatan dan Villa Nusa Indah dimana Banser menyelamatkan bayi yg terdampak bencana banjir disana” Dendy menjelaskan.

Sesuai data dari BNPB dan BMKG, cuaca ekstrim ini masih mau berlanjut sampai tanggal 4 Januari 2020.

Sementara ini, update korban jiwa sebab bencana banjir Jakarta ialah 8 korban meninggal dunia, dan 19.000 warga mengungsi.

“Ini ialah khidmah GP Ansor bagi Indonesia, posko mau kami buka dan siagakan sampai kondisi membaik dan dinyatakan aman, Banser NU mau terus mendampingi masyarakat terdampak sampai kondisi benar-benar aman,” pungkas Dendy.

Baca Juga:  Pelaku Persekusi Terhadap Kader Banser Akhirnya Ditangkap Polisi





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.