Siapa yg tak kenal dgn Imam an-Nawawi, ulama tersohor dari Damaskus yg tak saja populer sebab mampu menulis banyak kitab, tetapi juga menjadikan kitab-kitab yg ditulisnya sebagai rujukan penting dalam madzhab Syafi’i. Sejarah mencatat, produktivitas Imam an-Nawawi telah dimulai saat usia muda, yaitu saat memasuki usia 25 tahun.
Imam Ibnul ‘Atthar, salah satu murid an-Nawawi, mencatat bahwa memasuki usia 19 tahun, Imam an-Nawawi baru masuk pesantren. Usia yg dapat dibilang sangat terlambat pada saat itu, mengingat umumnya anak-anak telah mesantren sebelum usia baligh. Hanya butuh waktu enam tahun menuntut ilmu agama (tepat saat usia 25 tahun), an-Nawawi telah mulai menulis kitab. (Imam an-Nawawi, Raudhatuth Thâlibîn, [Beirut: Darul Kutb al-‘Ilmiyah, 2003], juz 1, h. 54)
Lalu, ke mana an-Nawawi sebelum mesantren itu? Masa kecilnya digunakan buat membantu orang tuanya menjaga toko ayahnya di Nawa (pusat kota al-Jaulan, kawasan Hauran, provinsi Damaskus). Meskipun begitu, ia tak lepas buat selalu membaca dan menghafal Al-Qur’an.
Â
Dikisahkan, saat an-Nawawi baru usia 10 tahun, teman-teman seusianya tak mau mengajaknya bermain. an-Nawawi lari dan menangis atas perlakukan teman-temannya itu. Lalu ia menyendiri membaca al-Qur’an.Â
Syekh Yasin bin Yusuf al-Marakisyi (seorang waliyullah) yg menyaksikan peristiwa itu merasa iba dan berkata kepada an-Nawai, “Kelak, anak kecil ini mau menjadi orang yg paling ‘alim dan zuhud di zamannya. Banyak manusia mendapatkan manfaat dari ilmunya.â€
“Apakah engkau seorang peramal?†Kata an-Nawawi heran.
“Bukan, Allah telah berkata begitu padaku,†jawab al-Marakisyi.Â
Sejak perjumpaannya dgn al-Marakisyi, an-Nawawi sangat termotivasi sampai dapat menghafalkan al-Qur’an sebelum mencapai usia baligh. (an-Nawawi, Al-Majmû’ Syarah al-Muhadzdzab, [Beirut: Darul Kutub al-‘Ilmiyah, 2011], juz 1, h. 297)
Dengan hanya usia yg kurang lebih 45 tahun, ia menulis karya-karya besarnya. Menurut Syekh Abdul Ghani ad-Daqir, bila usia an-Nawawi dikalkulasikan dgn hasil buah karyanya, rata-rata dalam satu hari Imam An-Nawawi dapat menulis sebanyak dua buku. (Abdul Ghani ad-Daqir, Silsilatu A’lâmil Muslimîn [Beirut, Darul Qalam, 1994], juz XII, h. 2)
Hemat penulis, Imam an-Nawawi sebenarnya dapat lebih dari dua kitab dalam satu hari, pasalnya, ad-Daqir mengkalkulasikan masa menulis an-Nawawi dari total usianya, 45 tahun. Sementara menurut Imam Ibnul ‘Atthar, an-Nawawi baru menulis kitab sejak usia 25 tahun. Artinya, sampai an-Nawawi wafat (usia 45 tahun), ia mengahbiskan usia 20 tahun buat menulis kitab-kitabnya.
Nama lengkap an-Nawawi ialah Abu Zakaria Yahya bin Syarafuddin Muri bin Hasan bin Husain bin Muhammad bin Jum’ah bin Hizam al-Hizami an-Nawawi. Kata ‘an-Nawawi’ merupakan nisbat pada kota Nawa, sebuah pusat kota Al-Jaulan yg berada di Kawasan Hauran di provinsi Damaskus. Jadi Imam Nawawi ialah orang Damaskus sebab selama lebih dari delapa belas tahun ia menetap di sana.Â
Menurut Ibnul Mubarak, bila seseorang telah menetap di satu negeri selama empat tahun, maka ia dinisbatkan pada negeri tersebut.
Imam an-Nawawi sendiri dijuluki Muḫyiddîn (penghidup agama). Sebenarnya ia sendiri kurang berkenan dipanggil dgn julukan tersebut, saking tawadhunya. Kendati secara kualifikasi telah sangat layak buat menyandang gelar kebesaran itu.Â
Kualitas karya Imam an-Nawawi
Ada banyak sekali karya yg berhasil an-Nawawi tulis dgn kualitas best seller kelas internasional, karya-karyanya diakui oleh umat Muslim dunia. Salah satu kitabnya yg mendatangkan banyak apresiasai dari para ulama ialah Minhâjut Thâlibîn. Salah satu kitab fiqih pokok yg representatif (mu’tamad) dalam mazhab Syafi’i.
Saking besarnya pengakuan para ulama atas Minhâjut Thâlibîn dan reputasi penulisnya, Imam as-Sakhawi mencatat, orang-orang yg berhasil menghafal kitab tersebut mau dijuluki al-Minhâjî (dinisbatkan kepada kitab Minhâjut Thâlibîn). Sebuah keistimewaan yg tak ditemukan dalam kitab-kitab lain. (Syamsuddin as-Sakhawi, al-Manhalul ‘Adzb ar-Rayy, h. 13)
Masih menurut as-Sakhawi, dalam kitabnya, al-Manhalul ‘Adzb ar-Rayy, ia mengisahkan, ada salah seorang ulama bernama Syamsuddin Muhammad al-Maqdisi yg sejak lahir telah didiagnosa bisu. Sampai usia enam tahun, ia masih saja bisu. Hingga ayahnya yg bermandzhab Hanafi membawanya ke Syekh Abdullah al-‘Ajluni buat meminta doa dan keberkahan. Setelah mendoakan, al-‘Ajluni menyarankan supaya anaknya, al-Maqdisi menganut madzhab Syafi’i dan dibacakan kitab Minhâjut Thâlibîn buat memperoleh berkah.
Sang ayah melaksanakan saran al-‘Ajluni. Meskipun sebenarnya pada pendahulu dan saudara-saudara al-Maqdisi bermadzhab Hanafi. Tidak lama setelah itu, al-Maqdisi sembuh dan hafal al-Qur’an beserta kitab Minhâjut Thâlibîn hanya dalam waktu empat tahun. Ia juga menjadi tokoh ulama Damaskus dalam penulisan mushaf. (Syamsuddin as-Sakhawi, h. 13)
Itu baru satu kitab saja, belum kitab-kitab yg lainnya. Dalam disiplin hadits, an-Nawawi menulis Syarah Muslim, Riadusshalihin, Al-Arba’in an-Nawawi, dan Khulashatul Ahkam min Muhimmatis Sunan wa Qawa’idil Islam, Syarah Sahih Bukhari, dan al-Adzkar. Dalam disiplin ilmu hadits, ia menulis Al-Irsyad, At-Taqrib, dan Al-Irsyad ila bayanil Asma’il Mubhamat.
Dalam disiplin fiqih, ia menulis Raudhatuth Thalibin, Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzab, Al-Minhaj, Al-Idhah, dan At-Tahqiq. Dalam disiplin pendidikan dan etika, ia menulis Adabu Hamalatil Qur’an dan Bustanul Arifin. Dalam disiplin biografi dan sejarah, ia menulis Tahdzibul Asma’ wal Lughat dan Thabaqatul Fuqaha’. Dan dalam disiplin bahasa, ia menulis Tahdzibul Al-Asma’ wal Lughat bagian kedua dan Tahrirut Tanbih.
Setelah kita melihat reputasi intelektual Imam an-Nawawi yg sangat gemilang dalam usia yg relatif muda (mengingat mulai menulis saat usia muda (25 tahun),  hingga wafat  dalam usia yg juga masih muda (45 tahun), semoga menjadi motivasi bagi kita terutama bagi anak muda supaya memaksimalkan usianya buat terus berkontribusi. Tentu ada banyak cara, tak harus dgn menulis seperti an-Nawawi.
Muhammad Abror, pengasuh Madrasah Baca Kitab, alumnus Pesantren KHAS Kempek-Cirebon, Mahsantri Ma’had Aly Saidusshiddiqiyah Jakarta
Uncategorized