Kewalahan Hadapi Serangan Yaman, Arab Saudi Pinjam Rudal Yunani

– Arab Saudi meminjam rudal pertahanan patriot dari pemerintah Yunani buat melindungi instalasi minyak milik mereka dari serangan rudal Yaman.

Hal itu diumumkan pemerintah Yunani pada Selasa lalu. Pengumuman tersebut dinilai sebagai suatu perkembangan yg sangat signifikan sebab menunjukkan betapa Saudi telah kehilangan banyak rudalnya dalam menghadapi rudal-rudal pasukan Ansarullah Yaman (Houthi).

Juru bicara pemerintah Yunani, Stelios Petsas, lewat pengumuman tersebut menyatakan pihaknya mau mengerahkan rudal dgn biaya Arab Saudi buat melindungi sektor energi, instalasi dan infrastruktur Saudi.

Dilansir dari Liputanislam.com, Sabtu, 8 Februari 2020, Petsas menjelaskan bahwa 30 personel Yunani mau menyertai pengerahan sistem pertahanan, yg disebutnya bukan merupakan ancaman bagi negara-negara lain di kawasan itu.

Baca Juga:  Satu Imam Diduga Positif Corona, Arab Saudi Tutup Kembali 39 Masjid

“Pembicaraan buat pengerahan sistem pertahanan udara ini dimulai pada Oktober tahun lalu sebagai bagian dari inisiatif bersama dgn AS, Prancis, dan Inggris,” ujar Petsas.

Partai-partai oposisi Yunani mengutuk keputusan itu dan menyebutnya “petualangan” berbahaya.

Sementara itu, anggota Parlemen Eropa Dimitris Papadimoulis pada Januari lalu di Twitter menyebutkan bahwa keputusan itu mau menjadi kehadiran militer Yunani di luar Mediterania buat pertama kalinya dalam beberapa dekade.

Sekedar diketahui, Arab Saudi ialah negara pertama yg menggunakan baterai sistem pertahanan udara Patriot NATO sebab Patriot yg dimiliki Yunani selain digunakan buat pertahanan Yunani sendiri juga buat melayani kepentingan NATO.

Hal yg menarik ialah bahwa Arab Saudi yg memiliki arsenal besar Patriot yg dibelinya dari AS ternyata malah mau meminjam sistem itu dari Yunani dgn seizin Washington buat mendapatkan jumlah yg lebih banyak.

Baca Juga:  Ekonomi Anjlok, Kerajaan Arab Saudi Jual Aset Negara

Menurut Rai al-Youm, hal itu menunjukkan bahwa AS tak dapat menyediakan baterai Patriot dalam jumlah yg memadai buat tentara Saudi dalam menghadapi serangan Ansarullah dan ancaman Iran.





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.