Membahas tentangWFH Bikin Enggak Produktif? Baca Doa Ini supaya Terhindar dari Rasa Malas

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangWFH Bikin Enggak Produktif? Baca Doa Ini supaya Terhindar dari Rasa Malas,

Oase.id- Istilah work from home (WFH) alias kerja dari rumah mendadak populer seiring terbitnya imbauan Pemerintah supaya masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam rumah demi terhindar dari paparan virus Covid-19. Sejak pandemi korona dinilai makin serius, baik kantor maupun sekolah mulai menyesuaikan aturan untuk sedapat mungkin pekerjaan dan tanggung jawab dapat dituntaskan melalui sistem kerja jarak jauh.

Bekerja atau belajar di rumah memang lebih santai dan fleksibel. Akan tetapi, hati-hati, sekali lalai mau ada saja godaan rasa malas yg kian mengancam.

Meski, cobalah atur waktu dgn baik seperti halnya jam kantor atau pun sekolah. Usahakan tetap disiplin supaya tetap produktif dan dapat menyelesaikan tanggung jawab sesuai dgn jadwal yg ditargetkan.

Selain itu, jangan lupa juga berdoa supaya dihindarkan dari sifat malas;

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

 

Allahumma inni a'uudzubika minal hammi wal hazani wal 'ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wa dlala'id daini wa 'alaihi wa ghalabatir rijaali

 

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan penakut, dan dari lilitan utang dan penindasan.”

Baca: Terpaksa Keluar Rumah di Tengah Ancaman Korona? Baca Doa Ini supaya Diberi Keselamatan

 

Doa ini seringkali dibaca Nabi Muhammad Saw, sebagaimana dalam hadis yg diriwayatkan Anas bin Malik Ra;

“Setiap kali Rasulullah Saw singgah pada suatu tempat, beliau banyak membaca, 'Allahumma inni a'uudzubika minal hammi wal hazani wal 'ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wa dlala'id daini wa 'alaihi wa ghalabatir rijaali.” (HR. Bukhari)

Ibnu Hajar mengutip perkataan Al-Kirmani menyebutkan, doa ini merupakan jawami’ul kalim, kalimat yg ringkas namun mengandung banyak makna. 

Baca: 5 Orang yg Doanya Mustajab

 

Lebih lanjut, Al-Kirmani menyatakan, kehinaan datang dari beberapa faktor, yaitu nafsaniyyah (jiwa), baniyah (jasmani) dan kharijiyah (eksternal).

Nafsaniyah terdiri dari tiga hal, aqliyyah (akal), gadhabiyyah (amarah) dan syahwaniyah (syahwat), gelisah dan sedih termasuk pada perkara akal. Penakut berkaitan dgn amarah, pelit termasuk perkara syahwat, sedangkan lemah serta rasa malas berhubungan dgn jasmani. 

 

Sumber: Disarikan dari hadis dalam Shahih Al-Bukhari, serta keterangan dalam Fathul Bari bi Syarhi Shahih al-Bukhari karya Imam Ibnu Hajar Al-Atsqalani

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangWFH Bikin Enggak Produktif? Baca Doa Ini supaya Terhindar dari Rasa Malas . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.