Membahas tentang1 Muharram 1443H, Berikut 3 Tradisi Populer Menyambut Tahun Baru Islam di Indonesia

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang1 Muharram 1443H, Berikut 3 Tradisi Populer Menyambut Tahun Baru Islam di Indonesia,

Oase.id – Tahun baru Hijriah 1 Muharram 1443 H jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021 esok hari. Namun, pemerintah menetapkan libur nasional Tahun Baru Islam pada Rabu, 11 Agustus 2021. Dalam Islam, tanggal 1 Muharram diperingati sebagai peristiwa bersejarah, yaitu awal perjalanan hijrah Nabi Muhammad ï·º dari Makkah ke Madinah.

Di Indonesia yg mayoritas penduduknya beragama Islam, tanggal 1 Muharram atau Tahun Baru Islam menjadi salah satu hari perayaan yg wajib diadakan di beberapa daerah. Melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa tradisi tahun baru Islam di Indonesia:

1. Tradisi Malam 1 Suro

embed

Satu Suro atau dapat disebut juga kirab pusaka, merupakan upacara adat yg dilaksanakan oleh Keraton Kasunanan Surakarta pada malam 1 Muharram. Acara ini tak hanya sebagai sarana memanjatkan doa dan keberkahan, namun juga sebagai bentuk penyampaian nilai moral kepada masyarakat di sekitarnya. Perayaan 1 suro dilaksanakan pada malam menjelang 1 Muharram atau tanggal 1 Suro tahun Jawa, pukul 12.00 malam sampai pukul 4.00 pagi, acaranya meliputi doa bersama, kirab pusaka, dan mengelilingi keraton.

2. Tradisi bubur suro

embed

Bubur suro merupakan hidangan yg biasanya ada pada perayaan tahun baru Islam di masyarakat Jawa Barat. Bubur kaya rempah ini memiliki cita rasa yg gurih dan sedikit pedas, terdapat tujuh jenis kacang, dan disabilan dgn ubarampe (sirih lengkap, kembar mayg, dan sekeranjang buah-buahan).

3. Tradisi Nganggung

embed

Untuk memperingati Tahun Baru Islam, Masyarakat Bangka Belitung khususnya di Pulau Bangka memiliki tradisi unik yaitu Nganggung. Tradisi ini merupakan adat membawa makanan dari rumah – rumah penduduk menuju tempat pertemuan atau masjid. Nganggung sering disebut juga Sepintu Sedulang sebab setiap rumah (sepintu atau satu pintu) membawa 'satu dulang (sedulang), yaitu wadah kuningan maupun seng yg digunakan untuk mengisi makanan dan kemudian ditutup dgn penutup dulang, yaitu Tudung Saji.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang1 Muharram 1443H, Berikut 3 Tradisi Populer Menyambut Tahun Baru Islam di Indonesia . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.