Membahas tentang4 Kiat Menghilangkan Problem Susah Tidur

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang4 Kiat Menghilangkan Problem Susah Tidur,

Oase.id– Sulit tidur memang menjadi masalah besar bagi banyak orang. Kualitas tidur yg buruk dapat berdampak pada produktivitas yg menurun.

Banyak faktor yg menyebabkan seseorang susah tidur, mau tetapi yg paling dominan ialah kecemasan. 

Baca: Doa Ketika Dilanda Insomnia

 

Berikut ialah 4 kiat supaya kualitas tidurmu kembali membaik, rileks, dan nyaman;

 

Kurangi cahaya radiasi di malam hari

Dilansir dari healthline.com, Martha Hotz Vitaterna dalam Overview of Circadian Rhythms menjelaskan, cahaya radiasi yg dipancarkan perangkat elektronik seperti telepon genggam dan komputer mau membuat ritme sirkadian pada otak selalu berprasangka masih adanya sinar matahari.

Oleh sebab itu, meminimalkan cahaya 2 jam sebelum tidur menjadi penting supaya istirahat malam dapat terasa rileks dan nyenyak.

 

“Berhentilah untuk menonton TV dan mematikan lampu kamar 2–3 jam sebelum tidur,” kata Martha.

Baca: Tips Salat Tarawih di Rumah Tanpa Kantuk

 

Jangan mengonsumsi kafein di sore hari

Konsumsi minuman mengandung kafein pada sore hari dipercaya mau membuat tubuh mampu meningkatkan fokus dan energi. Hal ini, juga mau membuat seseorang tak gampang menerima kegiatan berbentuk relaksasi atau tidur santai di malam hari.

Drake C dalam Caffeine Fffects on Sleep menjelaskan, mengonsumsi kafein 6 jam sebelum tidur secara signifikan mau memperburuk kualitas istirahat di malam hari.

“Kafein mau tetap bekerja atau tinggi dalam tubuh selama 6-8 jam. Karena itu, sangat dianjurkan untuk tak mengonsumsi kafein di sore hari,” jelas Drake.

 

Mengurangi tidur siang

Tidur siang yg terlalu panjang mau membuat tubuh kehilangan jam tidur yg dibutuhkan di malam hari.

Dalam jurnal Good sleep, Bad Sleep!: The role of daytime naps in healthy adults, Harry S menjelaskan, standar waktu tidur siang cukup dgn 30 menit saja. Jika berlebih, hal itu dapat mengganggu dan mengancam kualitas tidur di malam hari. 

Baca: Kiat Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Lembab saat Berpuasa

 

Membuat jadwal tidur

Konsistensi pada jam tidur mau membantu tubuh mau mudah untuk beristirahat. Cobalah membuat jadwal waktu tidur sesuai dgn kebutuhan orang dewasa. Yang terpenting, patuhilah jadwal tersebut bahkan di akhir pekan.

Menurut hasil penelitian Pusat Gangguan Tidur Anak, Departemen Neurologi Perkembangan dan Psikiatri, University Roma La Sapienza, seseorang yg memiliki pola tidur yg tak teratur dan suka begadang menunjukkan gejala kualitas tidur yg buruk secara permanen. 

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang4 Kiat Menghilangkan Problem Susah Tidur . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.