Membahas tentang4 Surah yg Dianjurkan Dibaca Ibu Hamil

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang4 Surah yg Dianjurkan Dibaca Ibu Hamil,

Memiliki anak ialah suatu hal terindah bagi pasangan suami istri. Terlebih lagi memiliki anak yg sehat, cerdas, dan saleh/salehah tentunya mau menjadi sumber kebanggaan tersendiri bagi orang tua.

Karena setiap orang tua mau berusaha untuk mendidik anaknya menjadi apa yg mereka harapkan. Serta hal ini dapat dimulai sejak anak masih berada dalam kandungan.

Salah satu cara yg sering dilakukan oleh ibu hamil antara lain sering mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran kepada calon bayi. Serta ibu hamil juga sering berikhtiar untuk membacakan ayat suci Al-Quran untuk merangsang bayi yg ada dalam rahimnya.

Ada beberapa surah disarankan untuk sering dibaca oleh ibu yg sedang mengandung. Berikut surah-surah tersebut:

1. Surah Yusuf
Surah Yusuf yg memiliki 111 ayat ini menjadi incaran banyak ibu hamil. Harapannya calon anak memiliki rupa setampan Nabi Yusuf dan perilaku yg saleh. Seperti dalam banyak Riwayat, Nabi Yusuf dikenal sebagai Nabi yg rupawan dan mulia dan banyak dikagumi. Sehingga dgn membaca surah Yusuf saat hamil dipercaya membuat bayi yg dikandung dapat serupawan dan memiliki akhlak mulia layaknya Nabi Yusuf.

Berdasarkan kisah Nabi Yusuf dan relevansinya dalam kehidupan antara lain memiliki sikap terbuka, seperti Nabi Yusuf kepada ayahnya Nabi Ya`qub tentang apa yg beliau alami. Sikap terbuka yg dimiliki Nabi Yusuf sangat indah ketika itu terjalin dalam hubungan keluarga.

2. Surah Al-Fatihah
Al-Fatihah yg dikenal juga dgn sebutan Ummul Qur’an termasuk salah satu surah paling mulia. Membaca Al-Fatihah merupakan syarat syahnya salat. Surah Al-Fatihah diyakini dapat menenangkan hati dan menguatkan daya ingatan. Karenanya, surah ini dianjurkan untuk sering dibaca oleh ibu yg sedang hamil. Agar kelak anak yg dikandungnya memiliki ketenangan hati dan daya ingat yg kuat.

3. Surah Al-Baqarah
Surah Al-Baqarah memiliki 286 ayat. Surah ini juga termasuk dalam surah terpanjang dalam Al-Quran. Banyak sekali ayat-ayat mulia yg berisi pelajaran berharga. Salah satunya terdapat pada ayat 128 yg banyak dianjurkan untuk ibu hamil. Ayat 128 ini merupakan doa yg dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim as ketika bersama Ismail, putranya. Yang berbunyi:

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya: Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yg berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yg berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayg.

4. Surah Maryam
Surah Maryam merupakan surat ke-19. Surah yg terdiri dari 89 ayat ini sering dibaca oleh ibu yg sedang hamil. Surah Maryam yg bercerita mengenai perjuangan Siti Maryam saat melahirkan Nabi Isa AS, sejak dari proses persalinannya hingga doa-doa yg dipanjatkan.

Surah ini salah satunya diyakini merupakan salah satu doa bagi ibu hamil supaya dimudahkan dalam proses persalinan. Selain itu, Surah Maryam juga terdapat doa supaya kelak anak dapat berbakti kepada orang tuanya.

Demikian beberapa surah yg dianjurkan dibaca saat ibu hamil. Semoga Allah memberikan keturunan yg saleh dan salehah. Berbakti kepada orang tua, agama, dan negara. Amin YRA…

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang4 Surah yg Dianjurkan Dibaca Ibu Hamil . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.