Membahas tentangDoa Ketika Merasa Takut & Cemas

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangDoa Ketika Merasa Takut & Cemas,

Oase.id – Sebagai manusia kita pasti pernah merasa takut atau cemas. Entah sebab takut terhadap sesuatu yg belum terjadi atau yg sekarang tengah melanda Indonesia, takut Covid-19.

Bahkan, Nabi Muhammad ï·º pun pernah merasakan ketakukan saat beliau diperintah oleh Allah Swt untuk memimpin dan menyampaikan amanah kepada umat manusia.
 
Tidak hanya itu, saat diberi wahyu oleh Allah Swt melalui malaikat jibril untuk membaca iqra’, tubuh Rasul ï·º bergetar sebab merasa takut.

Maka dari itu, untuk menghalau rasa takut tersebut hendaknya membaca doa sebagaimana yg tersaji berikut ini.

Diriwayatkan dalam kitab Sunan Abu Dawud dan Sunan at-Tirmidzi, dari Amru bin Syu’aib, dari bapaknya dan kakeknya, ia berkata:

“Sungguh Rasulullah ï·º  mengajarkan kepada mereka ketika tertimpa rasa takut, dgn membaca: A’uudzu bikalimaatil laahit taammati min ghadhabihi wa syarri ‘ibaadihi wa min hamazzaatis sayaathiini wa an yahdhuruun.”

Artinya: “Aku berlindung dgn firman Allah yg sempurna, dari kemurkaan-Nya, dari godaan setan dan ketika mereka mau datang kepadaku.”

Sementara, Abdullah bin Amru mengajarkan putra-putranya yg belum berakal dan telah berakal menuliskan dan mengalungkan kalimat dari doa tersebut ke lehernya. Imam Tirmidzi mengatakan, bahwa hadis tersebut merupakan hadis hasan.

Demikian doa ketika merasa takut. Bacalah doa tersebut saat kerap kali merasakan ketakutan, kecemasan dan rasa gelisah. Selain itu, dapat dibarengi dgn berzikir supaya senantiasa dalam lindungan Allah Swt. Aamin.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangDoa Ketika Merasa Takut & Cemas . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.