Membahas tentang5 Amalan Sunah yg Cocok Kamu Kerjmau Selama Physical Distancing

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang5 Amalan Sunah yg Cocok Kamu Kerjmau Selama Physical Distancing,

Oase.id- Masa social distancing atau physical distancing mungkin dapat membosankan, tapi sebenarnya peluang itu dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah.

Beberapa ibadah atau amalan sunah yg dapat kamu lakukan selama physical distancing di antaranya:

 

Salat 

Sejumlah orang mungkin memiliki keterbatasan waktu untuk melaksanakan salat sunah di kantor. Namun, saat work for home (WFH), kita dapat lebih leluasa beribadah bila dapat mengatur waktu dgn lebih baik. 

Nah, masa physical distancing ini dapat kita manfaatkan untuk menaikan kuantitas salat sunah, seperti salat duha, tahajud, hajat, taubat, witir, dan lainnya. 

Baca: WFH Bikin Enggak Produktif? Baca Doa Ini supaya Terhindar dari Rasa Malas

 

Jangan sepelekan salat sunah, sebab sesungguhnya amalan ini dapat menjadi penyempurna ibadah wajib.

Rasulullah Muhammad Saw bersabda;

“Sesungguhnya amalan yg pertama kali dihisab pada manusia di hari kiamat nanti ialah salatnya. Apabila salatnya baik, maka dia mau beruntung dan selamat. Apabila (salatnya) rusak, maka ia mau menyesal dan merugi. Jika ada yg kurang dari salat wajibnya, Allah Azza wa Jalla berkata, 'Lihatlah apakah hamba tersebut memiliki amalan shalat sunah?' Maka salat sunnah tersebut mau menyempurnakan salat wajibnya yg kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.” (HR. Tirmidzi)

 

Berzikir dan membaca wirid

Selain berikhtiar menjaga diri dari penularan virus, kita juga dianjurkan memperbanyak doa, zikir, dan wirid, supaya Allah Swt dgn kuasa-Nya berkenan senantiasa memberikan perlindungan.

Jangan lupa menambahkan kuantitas doa, zikir, istigfar, dan wirid. Wirdu Al-latif karya Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad dapat jadi salah satu pilihan wirid yg kamu baca, setiap pagi dan petang.

 

Membaca Al-Qur’an

Salah satu ibadah yg paling utama ialah membaca Al-Qur’an. Setiap huruf Al-Qur’an yg dibaca dapat mendatangkan kebaikan. Sedangkan setiap kebaikan mau dilipatgandakan menjadi sepuluh. 

Al-Qur’an juga mau memberi syafaat kepada pembacanya di hari kiamat nanti. Rasulullah Saw bersabda: 

“Bacalah Al Qur’an, sebab ia mau datang memberi syafaat kepada para pembacanya hari kiamat nanti. (HR. Muslim)

 

Menghapal Al-Qur’an

Salah satu kemukjizatan Al-Qur’an ialah dapat dihapal secara keseluruhan oleh manusia. Padahal, satu buku berbahasa Indonesia saja sulit untuk ingat kata perkatanya secara sempurna.

Beda dgn Al-Qur’an meski berbahasa Arab. Kemudahan untuk menghapalnya meski oleh orang berlatar belakang dan asal bahasa berbeda merupakan keistimewaan. . 

Jika membaca Al-Qur’an saja mengandung begitu banyak keutamaan, menghapalnya tentu lebih berlipat lagi pahalanya.

Baca: 3 Hadis Tentang Keutamaan Berdonasi

 

Puasa 

Umat Muslim dianjurkan memperbanyak berpuasa di bulan-bulan haram, salah satunya Syakban. 

Aisyah Ra berkata, “Rasulullah Saw tak pernah melaksanakan berpuasa lebih banyak dalam sebulan selain bulan Syakban, beliau seringkali berpuasa Syakban sebulan penuh.” (HR Bukhari)

Ibnu Hajar Al-Atsqalani dalam Fathul Bari menyatakan, terkadang Rasulullah Saw berpuasa Sya’ban sebulan penuh, namun di kesempatan lainnya tak berpuasa sebulan penuh, melainkan hanya sebagian besar saja. 

Dalam riwayat lainnya disebutkan bahwa Rasulullah Saw suka berpuasa Rajab sebab di bulan itu amal perbuatan manusia dilaporkan kepada Allah Saw. 

Usamah bin Zaid pernah bertanya kepada Rasulullah Saw, “Wahai Rasulullah Saw, aku tak pernah melihat engkau berpuasa dalam satu bulan penuh sebagaimana engkau berpuasa di bulan Syakban?” 

Beliau bersabda: “Itulah bulan yg manusia lalai darinya; bulan di antara Rajab dan Ramadan, pada bulan itu (catatan) amal perbuatan diangkat kepada Rabb semesta alam, sehingga aku senang amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa.” (HR. Nasai)

Di Indonesia, pandemi korona yg memberikan dampak kita harus berdiam diri di rumah memuncak sejak pertengahan Rajab, dan diperkirakan masih diupayakan pencegahannya sampai Syakban, bahkan Ramadan.

 

Sumber: Disarikan dari beberapa hadis dalam Shahih Al-Bukhari, Sunan An-Nasa’i, Sunan At-Tirmidzi, serta keterangan dalam Fathul Bari bi Syarhi Shahih al-Bukhari karya Ibnu Hajar al-Atsqalani.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang5 Amalan Sunah yg Cocok Kamu Kerjmau Selama Physical Distancing . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.