Membahas tentang6 Keutamaan Zakat Fitrah

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang6 Keutamaan Zakat Fitrah,

Membayar zakat merupakan rukun Islam ke-3. Zakat fitrah diwajibkan bagi umat Islam setelah melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan.

Dalam kamus Al Munawir, zakat secara harfiah berarti berkah, bersih, baik dan meningkat. Zakat juga berarti sebagai pembersihan diri yg didapat setelah melakukan kewajiban membayar zakat.

Sebagaimana firman Allah dalam QS. At Taubah ayat 103:

 

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ  .

Artinya: Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Zakat fitrah wajib dibayarkan bagi umat muslim yg merdeka dan mampu. Baik mereka itu anak kecil, orang dewasa, orang kaya, orang miskin, bila mereka mampu pada saat momennya maka mereka wajib untuk membayarkan. Karena zakat fitrah ialah zakat untuk diri sendiri.

Sebagai pembersih diri, ada beberapa keutamaan membayar zakat fitrah, diantaranya:

1. Diampuni dosa-dosanya

Allah SWT telah menjamin bagi setiap muslim yg mendirikan salat dan menunaikan zakat untuk masuk surga. Sebagaimana dalam Al-Quran Surat Al-Maidah: 12, Allah SWT berfirman:

 
وَلَقَدْ اَخَذَ اللّٰهُ مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَۚ وَبَعَثْنَا مِنْهُمُ اثْنَيْ عَشَرَ نَقِيْبًاۗ وَقَالَ اللّٰهُ اِنِّيْ مَعَكُمْ ۗ لَىِٕنْ اَقَمْتُمُ الصَّلٰوةَ وَاٰتَيْتُمُ الزَّكٰوةَ وَاٰمَنْتُمْ بِرُسُلِيْ وَعَزَّرْتُمُوْهُمْ وَاَقْرَضْتُمُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا لَّاُكَفِّرَنَّ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَلَاُدْخِلَنَّكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۚ فَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ

Artinya: “Dan Sesungguhnya Allah telah mengambil Perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka orang pemimpin dan Allah berfirman: “Sesungguhnya aku beserta kamu, Sesungguhnya bila kamu mendirikan salat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yg baik Sesungguhnya aku mau menutupi dosa-dosamu. dan Sesungguhnya kamu mau Ku masukkan ke dalam surga yg mengalir air di dalamnya sungai-sungai. Maka Barangsiapa yg kafir di antaramu setelah itu, Sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yg lurus.” (QS. Al-Maidah: 12)

2. Sebagai jembatan masuk surga

Dari penggalan ayat dalam QS. Al-Maidah juga menyebutkan bahwa orang yg membayarkan zakatnya mau dijamin oleh Allah SWT masuk surga.

3. Terbukanya pintu rezeki

Akan dibukakan pintu rezeki dan dihapus kesalahannya bagi mereka yg membayar zakat fitrah.

4. Mendapatkan petunjuk

Setiap muslim yg turut serta memakmurkan masjid, mendirikan salat dan menunaikan zakat, termasuk ke dalam golongan orang-orang yg mendapat petunjuk. Sebagaimana yg disebutkan dalam QS. At-Taubah ayat 18, yg artinya:

“Hanya yg memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yg beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan salat, menunaikan zakat dan tak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yg diharapkan Termasuk golongan orang-orang yg mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah: 18)

5. Memperoleh Pahala terbaik

Allah mau memberikan pahala kepada mereka setimpal dgn apa yg mereka kerjakan.

6. Harta menjadi lebih berkah

Sedekah (zakat) tak mau mengurangi harta. Justru, bagi orang yg membayar zakat fitrah, maka Allah mau memberikan keberkahan atas harta yg dimiliki.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang6 Keutamaan Zakat Fitrah . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.