Membahas tentangBaca 5 Ayat Ini Saat Kamu Merasa Putus Asa

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangBaca 5 Ayat Ini Saat Kamu Merasa Putus Asa,

Dalam hidup banyak rasa yg mau kita temukan. Mulai rasa bahagia, terharu, sedih, ketakutan, bahkan hilang semangat diri pasti mau kita rasakan. Sebagai manusia biasa, telah sewajarnya menghadapi itu semua di sepanjang hidupnya.

Namun, saat merasakan sakit, ketakutan, hingga putus asa, maka segeralah bangkit. Sebab, bila berlarut-larut dalam keputusasaan, saat itu juga kita benar-benar kehilangan semangat hidup.

Sedangkan di muka bumi ini tak ada kesusahan yg tak memiliki ujung. Karena Allah SWT menjamin setiap cobaan yg diberikan, tak pernah di luar batas kemampuan manusia. Jika mau mengeluh, mengeluhlah sewajarnya, hingga tak menghalangi pikiran untuk mencari solusinya.

Berikut ini 5 ayat Al-Quran yg hendaknya dibaca ketika merasa patah semangat atau putus asa:

1. QS. Al-Baqarah: 286

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Artinya: “Allah tak membebani seseorang melainkan sesuai dgn kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebabilan) yg dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yg diperbuatnya.”

“(Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami bila kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dgn beban yg berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yg tak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Ayat ini menjelaskan bahwa setiap cobaan yg diberikan Allah selalu memiliki jalan keluar. Karena Allah SWT tak memberikan cobaan melainkan sesuai dgn kemampuan hamba-Nya. Untuk itu, teruslah berusaha mencari solusi dari setiap permasalahan yg dihadapi.

2. QS. Al-Insyirah: 6

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Artinya: “Sesungguhnya bersama kesulitan pasti ada kemudahan.”

Menurut Quraish Shihab dalam tafsir al-Misbah, banyak ulama tafsir memahami kata (مع) ma’a dalam ayat di atas yg arti harfiahnya ialah “bersama”. Sementara para ulama memahami dgn arti “setelah”.

Pakar tafsir az-Zamakhsyari menjelaskan bahwa penggunaan kata “bersama” untuk menggambarkan betapa dekat dan singkatnya waktu antara kehadiran kemudahan dgn kesulitan yg sedang dialami. 
Oleh sebab itu, ayat di atas mengingatkan manusia untuk tetap bersabar menghadapi segala ujian yg diberi Allah SWT. Dalam artian tetap berusaha mencari solusi dari setiap permasalahan yg ada.

3. QS. Ath-Thalaq: 3

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

Artinya: “Dan memberinya rezeki dari arah yg tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yg bertawakal kepada Allah niscaya Allah mau mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yg (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Dalam QS. At-Thalaq ayat 3 tersebut menjelaskan tentang manusia yg hendaknya menyadari bahwa ketenangan hati itu mahal harganya. Sering kali kita mengeluhkan segala hal, baik yg telah kita miliki maupun yg mau kita miliki hingga hati kita selalu gusar dan tak pernah tenang. Sedangkan apa yg direncanakan Allah sangat besar ketimbang apa yg manusia maukan.

4. QS. At-Taubah: 40

لَا تَحْزَنْ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَاۚ

Artinya: “Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah bersama kita.”

Penggalan dari ayat ini memiliki makna, barang siapa yg yakin dan percaya bahwa Allah SWT selalu bersamanya, maka ia tak perlu takut apalagi harus bersedih. Sebab, ada Allah SWT yg senantiasa menenangkannya. Sehingga, hilanglah rasa takut dalam dirinya. Dan hanya takutlah kepada Allah SWT saja. Tidak ada manusia yg tak pernah mendapatkan ujian. Hanya saja cara mereka berbeda-beda dalam menghadapinya.

5. QS. Surat Az-Zumar: 53

قُلْ يَٰعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ أَسْرَفُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا۟ مِن رَّحْمَةِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيم

Artinya: “Katakanlah: Hai hamba-hamba-Ku yg melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayg.”

Ayat ini menjelaskan tentang sifat Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Pengampun bagi hamba-hamba-Nya. Segala dosa yg diperbuat seperti meninggalkan apa yg menjadi perintah-Nya dan mengerjakan larangan-Nya mau diampuni oleh Allah SWT. Dengan catatan, seseorang tersebut benar-benar bertobat dari kesalahan yg telah dilakukan.

Terkadang manusia berputus asa terlebih dahulu sebelum mencoba untuk mengharapkan rida dan ampunan-Nya. Banyak orang yg mengira Allah SWT tak mau mengampuni dosa yg begitu banyaknya. Bahkan hati seolah telah tertutup sebab kedurhakaan dan perbuatan kelamnya. Tapi Allah SWT, mau mengampuni dan menerima tobat yg tulus hamba-hamba-Nya.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangBaca 5 Ayat Ini Saat Kamu Merasa Putus Asa . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.