Membahas tentangBismillahirrahmanirrahim, Inilah Keistimewaan Mengucapkan Basmalah Setiap Hari

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangBismillahirrahmanirrahim, Inilah Keistimewaan Mengucapkan Basmalah Setiap Hari,

Oase.id – Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim setiap hari atau setiap mau memulai sesuatu sangat dianjurkan dalam Islam. Siapa sangka, pekerjaan yg sepele bila dimulai dgn mengucapkan basmalah mau membawakan keberkahan dan merupakan kebaikan yg bernilai besar di sisi Allah.

Rasulullah ï·º bersabda, “Setiap pekerjaan yg baik, bila tak dimulai dgn “Bismillah” (menyebut nama Allah) maka (pekerjaan tersebut) mau terputus (dari keberkahan Allah)”.

Lalu, apa saja keistimewaan dari membaca basmalah sampai Allah dan Rasul sangat menganjurkan kepada kita sebagai umat-Nya untuk memulai sesuatu dgn membaca basmalah. Berikut Oase.id merangkum beberapa keistimewaan yg mau diperoleh bila seorang muslim selalu mengucapkan basmalah:

1. Dekat dgn Allah

Imam Abu Muhammad Abdur Rahman ibnu Abu Hatim mengatakan di dalam kitab Tafsir-nya:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ؛ أَنَّ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عن بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. فَقَالَ: “هُوَ اسْمٌ مِنْ أَسْمَاءِ اللَّهِ، وَمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ اسْمِ اللَّهِ الْأَكْبَرِ، إِلَّا كَمَا بَيْنَ سَوَادِ الْعَيْنَيْنِ وَبَيَاضِهِمَا مِنَ الْقُرْبِ”

“Dari Ibnu Abbas, bahwa Usman bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang basmalah. Beliau menjawab: Basmalah merupakan salah satu dari nama-nama Allah; antara dia dan asma Allahu Akbar jaraknya tiada lain hanyalah seperti antara bagian hitam dari bola mata dan bagian putihnya sebab saking dekatnya.”

2. Diselamatkan dari Malaikat Zabaniyah

Malaikat Zabaniyah bertugas untuk menyiksa umat manusia yg masuk ke dalam neraka. Dari Al-A’masy, dari Abu Wa’il, dari Ibnu Mas’ud yg mengatakan bahwa barang siapa yg mau diselamatkan oleh Allah dari Malaikat Zabaniyah yg jumlahnya sembilan belas (Zabaniyah ialah juru penyiksa neraka), hendaklah ia membaca: Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayg (ï·½ )

3. Perlindungan dari setan dan jin

Dengan senantiasa mengucapkan basmalah maka kita merupakan umat yg selalu mengingat Allah. Maka setan dan jin tak mau mendekati dan menggoda umat Muslim. Rasulullah ï·º bersabda: “Apabila seorang masuk ke rumahnya dan mengingat Allah (berdzikir), maka setan berkata: ‘Tidak ada tempat istirahat dan makan malam untuk kalian.’ Dan apabila ia masuk dan tak mengingat Allah, maka setan berkata: ‘Kalian telah mendapatkan tempat istirahat.”

Dan Rasulullah ï·º bersabda: “Penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam, apabila salah seorang dari mereka melepas pakaiannya, ialah dgn membaca Bismillah.”

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangBismillahirrahmanirrahim, Inilah Keistimewaan Mengucapkan Basmalah Setiap Hari . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.