Membahas tentangCara Sederhana untuk Mengetahui Telur Berkualitas

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangCara Sederhana untuk Mengetahui Telur Berkualitas,

Oase.id – Telur telah menjadi bahan pangan yg sering dikonsumsi oleh masyarakat seluruh dunia. Dengan harganya yg sangat terjangkau dan tentu rasanya yg nikmat, telur menjadi alternatif beberapa orang saat harga bahan pangan seperti daging dan ikan mahal.

Selain digunakan sebagai menu makanan sehari-hari, telur juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Namun, tahukah kamu cara memilih telur yg berkualitas supaya dapat memperoleh gizi sempurna dari telur. Dilansir Healthline.com, ada 4 cara sederhana untuk mengetahui kualitas sebuah telur :

1. Periksa tanggal kedaluwarsa

Jika membeli telur yg telah dalam kemasan, salah satu cara mudah untuk mengetahui apakah telur masih bagus ialah dgn memeriksa tanggal pada karton kemasan. Selain melihat tanggal kedaluwarsa, dapat juga dgn melihat tanggal kemasan. Biasanya, kualitas telur mau menurun setelah lebih dari 21 hari dalam kemasan.

2. Bau

Telur yg telah rusak atau kedaluwarsa mau mengeluarkan bau yg tak sedap. Jika kamu belum dapat mencium bau telur saat masih dalam cangkang, dapat dgn memecahkan telur dalam wabah dan mulai mengendus telur. Jika tak ada bau yg muncul dari telur, maka pertanda bahwa telur masih aman dikonsumsi.

3. Kondisi cangkang dan isi telur

Telur yg masih layak dikonsumsi dapat dilihat dari cangkangnya yg tak pecah dan berlendir. Untuk memeriksa lebih lanjut apakah putih atau kuning telur bertekstur encer, sebab hal ini menunjukan bahwa telur telah tua dan kualitasnya menurun.

Memeriksa perubahan warna pada isi telur juga penting untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda bakteri atau jamur di dalam telur.

4. Tes apung

Tes apung ialah salah satu metode paling populer untuk memeriksa apakah telur itu baik atau buruk. Untuk melakukan tes mengapung, masukkan telur ke dalam mangkuk atau ember berisi air dgn hati-hati. Jika telur tenggelam, berarti telur masih segar. Jika miring ke atas atau bahkan mengapung, berarti telah tua.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangCara Sederhana untuk Mengetahui Telur Berkualitas . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.